Penumpang disarankan istirahat selama 15 hingga 20 menit untuk mencegah statis tubuh

JAKARTA (JurnalPagi) – Ahli Gizi dari Persatuan Ahli Diet Indonesia (PERSAGI) Dr. Atmarita MPH menyarankan pemudik untuk istirahat 15-20 menit setiap dua hingga tiga jam untuk menghindari kondisi stagnan selama perjalanan pulang.

Atmarita mengatakan dalam pesan singkat yang diterima JurnalPagi, Jumat, “Umumnya kita biasanya istirahat 2-3 jam sekali, waktu istirahatnya bisa 15-20 menit agar tidak menimbulkan keadaan statis pada tubuh.”

Kondisi tubuh statis bisa terjadi karena posisi tubuh tidak berubah dalam jangka waktu lama sehingga mengakibatkan tubuh menjadi kaku.

Dokter Beri Tips Sehat Saat Mudik

Pakar kesehatan masyarakat dan ahli epidemiologi ini juga mengatakan, Untuk mencegah kelelahan fisik yang dapat mengakibatkan kurang konsentrasi bahkan kecelakaan, maka perlu istirahat yang cukup dalam perjalanan pulang.

Kuncinya istirahat yang cukup. Kalau capek konsentrasi bisa turun dan bisa terjadi kecelakaan, tulisnya.

Selain itu, pemudik juga diimbau untuk selalu mengikuti protokol kesehatan selain istirahat untuk mencegah kemungkinan tertular penyakit selama perjalanan. Mulai dari kebiasaan mencuci tangan hingga memakai masker di tempat umum.

Dokter: Ibu hamil sebaiknya mengubah posisi duduk paling banyak dua jam sekali

Katanya, sesuai dengan protokol kesehatan untuk diri sendiri, Anda bisa mencegah sakit selama perjalanan.

Atmarita juga mengatakan, hingga pemerintah menerapkan status waspada terhadap penyakit tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir dengan penyakit menular yang menyebar di masyarakat seperti flu Singapura.

Tips menjaga kesehatan mental anak selama perjalanan pulang

Menurutnya, pencegahan yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini bisa dilakukan kembali sebagai pertahanan terhadap segala macam penyakit yang mungkin terjadi akibat perpindahan penduduk saat mudik.

“Kalau selama covid sudah 3-4 vaksinasi, tidak perlu (vaksin) lagi, tapi pemerintah belum memberikan teguran, kalau dikaitkan dengan mudik lebaran, bisa jadi wabah karena pengungsian. dari populasi. Namun hal ini dapat dicegah dengan menggunakan metode yang telah digunakan selama masa Covid.”

Lima Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Mudik Aman dan Nyaman

Ini Tips Pulang Aman dan Nyaman dari Polri

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *