Pentingnya mengatur keuangan agar tabungan dan pengeluaran teratur

Jakarta (JurnalPagi) – Relawan teknologi informasi dan komunikasi Bozhonguru Sulikhin mengingatkan pentingnya mengatur keuangan agar bisa rutin menabung dan berbelanja.

“Ada beberapa program pengelolaan keuangan yang bisa digunakan seperti Wallet, My Finansialku, Money Lover, Business Friends, Google Sheets atau Warung Books,” kata Solikhin dalam siaran pers yang diterima, Kamis.

Hal itu disampaikannya dalam webinar “Kelola Keuangan Anda! Hak Aman, Belanja Online Lancar” di Makassar, Sulawesi Selatan, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Sibercreation.

Pengelolaan keuangan, menurutnya, pertama-tama menyiapkan anggaran keuangan. Berapapun penghasilan yang Anda peroleh, penting untuk selalu mengalokasikannya dengan baik.

Ia melanjutkan: Selain itu, utamakan kebutuhan yang penting dan mendesak. Kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan papan.

Sedangkan permintaan yang bukan kebutuhan pokok seperti mainan, barang branded dan sejenisnya bisa ditunda.

Selain menabung, Solikhin juga mengingatkan pentingnya investasi. Berinvestasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, terutama saat Anda pensiun atau sudah tidak bekerja lagi.

Hal lain yang harus dilakukan adalah menyiapkan dana darurat, yang dibutuhkan sewaktu-waktu dan dalam situasi tertentu.

Sementara itu, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Olivia Levy Pramesti menekankan pentingnya menjaga keamanan gawai saat berbelanja online atau menabung secara digital.

“Menjaga keamanan sangat penting untuk mengurangi kemungkinan menjadi korban kejahatan dunia maya,” kata Olivia dalam siaran pers yang diterima, Kamis.

Olivia mengatakan bahwa potensi kejahatan dunia maya yang dimaksud, seperti pencurian data, Pengelabuanatau menyerang malware Dipasang oleh pelaku pada perangkat digital yang digunakan.

Kehadiran Program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan Internet secara cerdas, positif, kreatif dan produktif.

Kegiatan ini secara khusus ditujukan kepada masyarakat di wilayah Sulawesi dan sekitarnya, yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan komunitas yang cerdas, tetapi juga membantu menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dalam pemanfaatan Internet secara positif, kritis dan kreatif di era Industri 4.0.

LinkAja Gandeng Eduku Genjot Digitalisasi Bidang Pendidikan

UNSGSA: Layanan keuangan digital memperkuat ketahanan menghadapi krisis

Wakil Menteri Keuangan: Transformasi digital mengatasi permasalahan sektor keuangan

Koresponden: Fetor Rochman
Diedit oleh: Aida Nurjahani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.