jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 24, 2024

Makassar (JurnalPagi) – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memantau stok 12 bahan pokok untuk memastikan ketersediaan selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di pasar tradisional terong, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Untuk Sulawesi Selatan dan hampir semua provinsi, saya mendapat laporan bahwa rata-rata ketersediaan 12 komoditas ini sudah mencukupi,” kata Mentan di Makassar, Minggu.

Menurut hasil pantauan tim kementerian, persediaan 12 barang strategis sehat, bahkan harganya turun, meski ada yang naik, tapi tidak signifikan.

Menteri Pertanian Siyaharul mengatakan: “Sesuai catatan yang ada di beberapa provinsi (lainnya), juga mengalami penurunan (harga bahan pokok).

Barang-barang yang diturunkan harganya antara lain beras, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan potongan ayam. Sedangkan yang turun, seperti ayam kampung dan minyak goreng curah. Harga beras diturunkan dari Rp 11.000 menjadi Rp 10.000 per kg.

Mentan memerintahkan jajaran 34 provinsi di tingkat kabupaten/kota turun ke lapangan untuk mengecek ketersediaan pangan di pasar sesuai perintah Presiden Joko Widodo dan mengajak semua pihak untuk saling bekerja sama melestarikan pangan . . Stok dan harga selama libur panjang akhir tahun, serta menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri dan Idul Adha tahun depan.

Mentan jamin produk pangan sehat hingga Natal dan Tahun Baru

Menteri Pertanian Syahrul Yassin Limpo (kiri) memantau harga beras dan komoditas pangan di pasar tradisional terong Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (25/12/2022). JurnalPagi/Darwin Fater.

Terima kasih Tuhansepertinya kami sangat siap, tapi tidak terlalu Aman (dengan percaya diri), karena cuaca sekarang sangat parah, dan pertanian sangat erat kaitannya dengan cuaca. Itu sebabnya kami harus bekerja lebih keras untuk tahun 2023.”

Sana, seorang pedagang di pasar tradisional terong, mengatakan, untuk beberapa bahan makanan, seperti lada, aslinya Rp. Penurunan harga itu karena pasokan melimpah.

Mohammad Jaber, pedagang ayam pedaging, mengatakan: Harga satu ekor ayam pedaging turun dari 55.000 Toman menjadi 50.000 Rial. Sementara itu, Noorbaya, pengecer minyak curah, mengatakan naik dari Rs 13.000 per liter menjadi Rs 14.000 per liter. Kenaikan ini karena pembatasan pasokan yang diterapkan terlambat.

Mendag Sebut: Harga Minyak Curah di Bawah 14.000 Rial Per Liter.

Koresponden: M Darvin Fater
Editor: Risbani Fardanieh