Pengamat menyebut NasDem semakin mendekati kubu Prabowo tergantung hasil Mahkamah Konstitusi.

Jakarta (JurnalPagi) – Pengamat politik Universitas Pajajaran Yosa Joyandi mengatakan, tak menutup kemungkinan Partai NasDem akan bergabung dengan kubu calon presiden dan wakil presiden Indonesia, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sesuai hasil aduan pemilu di Konstitusi. Pengadilan.MK) untuk bergabung. ).

Bisa saja, tapi akan terjadi jika upaya terakhir melalui Mahkamah Konstitusi gagal, kata Yosa saat dihubungi JurnalPagi dari Jakarta, Jumat.

Prabowo Datang ke NasDem untuk Hormati Ucapan Selamat Surya Paloh

Sementara itu, dia mengatakan koalisi partai pendukung calon presiden dan wakil presiden Indonesia Anis Basuedan-Mohaimin Iskandar tidak terkesan dengan kunjungan Prabowo ke kantor DPP NasDem, Menara NasDem, Jakarta pada Jumat (22/3).

“Tidak banyak yang berubah saat ini. Saya melihat timnas (Timnas AMIN) 01 masih mencari keadilan melalui mahkamah konstitusi,” ujarnya.

Namun, Pengamat politik Universitas Indonesia Cecep Hidayat mengatakan, untuk saat ini masyarakat harus membedakan Timnas AMIN dengan koalisi pro Anies-Muhaimin yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Berkembang.

“Sekarang kita harus bedakan antara partai pro 01 dan timnas 01. Sekarang yang berjuang di MK adalah timnas 01. Mungkin partai juga bisa mundur,” ujarnya.

Pengamat Sebut Kunjungan Prabowo ke NasDem untuk Perluas Dukungan

Cecep menjelaskan, ada potensi partai pendukung Ennis-Mohaimin beralih ke pasangan Pilpres 2024, Prabowo-Jabran.

“Sekarang hanya timnas Ma’ruf yang akan bertanding di Mahkamah Konstitusi. Ya, kita berharap mereka tetap melanjutkan upayanya, meski partai pengusungnya di Pilpres sudah kembali,” ujarnya.

Sebelumnya, calon presiden RI, Prabowo Subianto, mengaku datang ke kantor DPP NasDem untuk bertemu Surya Palu sekaligus menghormati ucapan selamat dari Ketum Nasdem.

Pengamat Sebut NasDem Kemungkinan Akan Dekati Kubu Prabowo.

Ia mengatakan, Surya Palu langsung mengucapkan selamat kepada dirinya dan calon wakil presiden RI Gibran Rakabuming Raka setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangannya menjadi pemenang pada Pilpres 2024.

Berbicara dalam konferensi pers usai bertemu Surya Palu di Menara Nasdem, Jakarta, Prabowo mengatakan, “Ketua NasDem Pak Surya Palu langsung mengucapkan selamat kepada saya, dan untuk menghormati kata-kata itu, saya datang dan menerima hari ini di markas besar Partai NasDem. Jumat (22/3).

Sementara itu, NasDem tak menutup kemungkinan bergabung dengan kubu Prabowo-Gibran usai Ketua Umum Partai Gerindra mengunjungi Menara NasDem, Jakarta.

Kita lihat saja perkembangannya ke depan, kata Surya Palu kepada awak media usai Prabowo mengunjungi gedung kantornya di Jakarta, Jumat (22/3).

Sementara tim kuasa hukum AMIN telah mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mendaftarkan resmi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau gugatan pemilu.

“Alhamdulillah kami resmi terdaftar di Mahkamah Konstitusi. Pagi ini, Siavagi, kapten timnas AMIN, menemani kami. Ari Yusuf Amir, Ketua Tim Hukum Nasional AMIN, di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Kamis (21/3), mengatakan, “Alhamdulillah teman-teman MK menerimanya dengan baik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia mengumumkan dua calon presiden dan wakil presiden Indonesia, Prabowo Subianto Gibran Rakaboming Raka, sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024.

Keputusan ini tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Kabupaten. /Dewan Rakyat Daerah Kota. Dewan Perwakilan Rakyat tingkat nasional pada pemilu 2024.

“Hasil pemilihan umum nasional sebagaimana dimaksud pada putusan pertama sampai dengan kelima akan diketahui pada hari Rabu, 20 Maret 2024 pukul 22.19 WIB,” kata Presiden KPU Indonesia Hasim Asiari di gedung KPU Indonesia, Jakarta. Rabu (20/3) malam.

Hasim mengungkapkan, pasangan Prabowo-Jebran memperoleh 9.621.4691 suara. Lanjutnya, pasangan Enis Basudan-Mohimin Iskandar mendapat 40 juta 971 ribu 906 suara dan pasangan Ganjar Pranov-Mahfoud MD mendapat 27 juta 40 ribu 878 suara.

Menurut dia, jumlah suara sah sebanyak 164.227.475.

Mahkamah Konstitusi Menerima Aduan PHPU Timnas AMIN
Timnas AMIN Ajukan Banding Permohonan PHPU

Koresponden: Rio Faisal
Editor: Keras
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *