Pengamat menilai festival Durian meningkatkan daya tarik wisata daerah

Azaril Azhari, Presiden Ikatan Peneliti Pariwisata Indonesia (ICPI) menyatakan, Festival Durian dapat meningkatkan daya tariknya di mata masyarakat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pariwisata di daerah.

“Festival durian dan sejenisnya akan menarik pengunjung, sehingga jika fokus pada hal itu bisa mendongkrak pariwisata Indonesia. makanan sehatkata Azriel kepada JurnalPagi di Jakarta, Senin.

Azriel mengatakan Festival Durian dapat dijadikan sebagai upaya memperkenalkan kuliner lokal kepada lingkungan sekitar dan mempelajari sejarah kuliner Indonesia melalui pendekatan wisata kuliner.

Ini Kata Ahli Gizi tentang Mitos Kolesterol Tinggi Durian

Pemkab Koningan selenggarakan festival durian sebagai ajang promosi pariwisata

Wisata kuliner dilakukan dengan menggunakan ilmu pengetahuan, seni pengolahan dan konsumsi pangan untuk mewujudkan aspek kesehatan masyarakat.

Selain itu, festival durian dan sejenisnya harus mempunyai strategi untuk mengubahnya menjadi acara minat khusus seperti wisata promosi kesehatan. makanan sehat, wisata kesehatan, sampai wisata Geronto yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan pengunjung.

Guru Besar Pariwisata Universitas Trisakti ini juga mendorong kerja sama seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah dan pelaku usaha dalam mempromosikan produk pertanian agar bisa dijadikan potensi wisata di daerah.

“Wisata kuliner menggunakan Ilmu dan seni memasak dan makan yang baik Jadi itu menjadi makanan sehat.”

Sejumlah festival durian diadakan di berbagai daerah di Indonesia bersamaan dengan masa panen buah populer ini.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Komentan) menyebut Festival Durian merupakan sarana untuk mempromosikan produk pertanian unggulan daerah dan juga untuk mempromosikan pariwisata subsektor wisata pertanian.

Menurut data Food and Agriculture Organization (FAO), pangsa pasar durian internasional sekitar Rp 24,6 triliun pada tahun 2017, kemudian meningkat tajam menjadi Rp 53,2 triliun atau sekitar 266% pada tahun 2021.

ekspor durian Deep Freeze Atau durian beku nasional pada Januari-April 2023 mencapai 443 ton dengan nilai sekitar Rp50 miliar yang sebagian besar merupakan sumbangan dari Kabupaten Parigi Moutong.

Oleh karena itu, melalui festival durian, para petani diharapkan semakin semangat membudidayakan durian dan berinovasi menciptakan produk daerah yang unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *