“Penemuan jati diri”, sebuah pencarian karir yang lebih cemerlang

Jakarta (JurnalPagi) – Masyarakat harus melakukan hal ini Pengetahuan Diri Samantha Elsner, psikolog dan penulis buku tersebut, mengatakan: Atau berusaha menemukan jati diri untuk percaya dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki, yang pada akhirnya dapat berguna untuk karir yang lebih maju dan cemerlang.

Agar lebih mudah, Samantha melalui keterangan tertulis dari Allianz Indonesia, enam cara mengenal diri sendiri, dimulai Temukan Atau kenali diri Anda sendiri dan pikirkan apa yang ingin Anda ubah.

Lebih-lebih lagi, diterbitkan Atau melepaskan hal-hal yang tidak lagi diperlukan saat ini Rebonding Atau mencari apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas Anda.

Berikutnya, penemuan kembali Atau temukan perspektif baru dalam hidup, move on membuat hidup Atau ikuti keyakinan baru, lakukan atau coba apa pun yang Anda inginkan, dan terakhir, yaitu menjawab Atau cari tahu apa yang bisa dilakukan dan apa langkahnya.

“sebagai tambahan Pengetahuan Diriuntuk menjadikan profesi kita lebih maju dan cemerlang, kita perlu mempertimbangkan faktor pribadi dan latar belakang, nilai-nilai kehidupan, Hard skill, soft skill“Kepuasan pribadi dalam bekerja, kondisi saat ini, standar sosial saat ini, tantangan kerja dan ekspektasi perusahaan,” jelas Samantha.

Dia menambahkan: Setelah itu, masyarakat dapat merencanakan masa depan. Samantha menyarankan agar mereka menggunakannya Optimisme yang menyedihkan Artinya selalu fokus pada harapan meski dalam situasi sulit.

Menurut Samantha, hal ini berguna agar energi positif selalu hadir dalam aktivitas sehari-hari dan dapat meningkatkan produktivitas.

Vidi Aldiano Temukan Identitasnya Sebagai Penyanyi Setelah Enam Tahun

Permainan Anak untuk Memperkuat Jati Diri

Namun, menurut pakar kesehatan melalui Healthline, penemuan diri mungkin tampak seperti sebuah konsep besar dan menakutkan, padahal sebenarnya hanya sebuah proses evaluasi diri, menemukan apa yang hilang, dan mengambil langkah untuk memenuhi apa yang hilang.

Lalu, ketika penemuan jati diri terasa sulit dan seseorang tidak tahu harus mulai dari mana, mencari bantuan profesional bisa menjadi pilihan. Para profesional dapat membantu orang memecahkan berbagai masalah, termasuk memperjelas tujuan dan mengubah karier.

Warna karakterBerbicara tentang upaya mencari jati diri, mengetahui kepribadian adalah hal yang penting, terutama untuk karir yang lebih cerah. Menurut Samantha, orang dapat meningkatkan karirnya dengan memahami kepribadiannya.

Setiap orang mempunyai kepribadiannya masing-masing. Samantha menunjuk rekannya Taylor Hartman, yang membagi tipe kepribadian berdasarkan empat aspek dominan alam: api, tanah, udara, dan alam. Kemudian berdasarkan hal tersebut, ia membedakan tipe kepribadian melalui empat kode warna: merah, biru, putih, dan kuning.

“Keempat warna ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan sangat penting bagi kita untuk dapat memahaminya,” kata Samantha.

Orang dengan kepribadian dominan merah mempunyai kelebihan seperti komitmen dan dedikasi terhadap tugas, dinamisme dan kurang menguasai tugas, keinginan kuat untuk maju, dapat mendelegasikan tugas dengan baik dan mempunyai motivasi internal, tegas dan ingin sukses. Sifat-sifat ini biasanya dimiliki oleh para pemimpin.

Namun, Red bisa menjadi tidak sabar dan tidak berperasaan, tidak fokus pada detail, selalu merasa benar dan egois, tidak mampu mendengarkan pendapat orang lain, dan cenderung kaku dan otoriter.

Oleh karena itu, agar Red bisa belajar berkomunikasi dengan orang lain, ia harus menghindari sikap menyalahkan orang lain dan belajar bersikap tenang serta mau menerima saran dan pendapat orang lain.

Google Ajak Perempuan Indonesia Berani Tunjukkan Jati Diri

Selain itu, kepribadian biru mempunyai kelebihan yaitu menyukai hal-hal yang detail dan terencana, terbuka terhadap pendapat orang lain, disiplin dan memiliki tujuan yang kuat, stabil dan dapat diandalkan, serta selalu berusaha mencapai hal-hal besar. Ini adalah karakteristik yang dimiliki oleh banyak dermawan.

Namun warna biru juga memiliki keterbatasan. Ia kaku dalam prinsip hidup dan takut mengambil resiko, Biru cenderung perfeksionis dan sulit mempercayai orang lain, terlalu memberikan tekanan pada dirinya sendiri, mempunyai ekspektasi yang tinggi dan merasa orang lain tidak bisa bekerja dengan baik untuknya.

Oleh karena itu, orang yang dominan warna biru perlu belajar berpikir logis dan belajar tenang, penting juga untuk memiliki batasan yang sehat dan fokus pada proses ini.

Pada tahap selanjutnya, orang dengan warna kepribadian dominan putih mempunyai beberapa ciri yang kuat, yaitu: kalem, damai dan ikhlas, mampu menerima pendapat orang lain, mudah bergaul dan tenang dalam tekanan, pandai berdiskusi dan bernegosiasi, serta suportif dan sabar. .

Namun, warna putih bukan berarti mereka tidak punya batas, mereka bisa jadi membosankan dan takut berkonfrontasi, tidak melibatkan diri, bekerja lambat, sulit termotivasi dan takut akan perubahan, serta cenderung menjauh. konflik

Oleh karena itu, hendaknya ia belajar mengungkapkan perasaannya secara asertif, meningkatkan kemampuan penyelesaian konflik, meningkatkan sikap proaktif, dan mempercepat pekerjaannya.

Terakhir, orang dengan warna kepribadian dominan kuning memiliki kelebihan sebagai berikut, gairah kerja yang besar, kemampuan mengambil risiko, karismatik dan menyenangkan dalam bekerja, menyukai pengalaman baru, serta lincah dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Fitur ini banyak dimiliki oleh publik figur atau artis.

Namun warna kuning juga mempunyai keterbatasan, mereka sering berbicara tanpa pikir panjang, sering mengulang-ulang ucapannya dan terlalu banyak bicara, merasa tidak perlu mempersiapkan masa depan, kurang mudah ditebak atau ditebak, dan mantap dalam melakukan sesuatu.

Dikatakan bahwa warna kuning membutuhkan banyak pembelajaran untuk mengatur waktu dengan lebih baik, merencanakan masa depan dan menetapkan prioritas dalam hidup.

Kita mempunyai warna kepribadian yang berbeda-beda, tapi bukan berarti satu warna lebih baik dari warna lainnya. Pesan Samantha berbunyi : Yang terpenting jangan pernah ragu dalam percaya pada kemampuan diri, rasa percaya diri untuk mencapai kesuksesan meningkatkan produktivitas terutama di dunia kerja.

Warna Rambut Berbeda Sesuai Kepribadian Berbeda

Kenali Kepribadianmu dari Warna Pakaianmu

Pakar Budaya Ajak Masyarakat DKI Identifikasi Jati Diri Lewat Batik Betawi

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *