Peneliti: Penggunaan hak pilih akan menentukan masa depan generasi penerus

Tentunya seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) harus menggunakan hak pilihnya guna menentukan arah kewarganegaraan Indonesia di masa depan.

Jakarta (JurnalPagi) –

Peneliti Utama Pusat Kajian Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini mengatakan, “Penggunaan hak pilih pada Pemilihan Umum (Pemilo) 2024 akan menentukan masa depan generasi penerus.”

Ia meyakini masyarakat dapat menentukan nasib bangsa dan pemerintahan dengan ikut serta dalam pemilihan pemimpin masa depan dan wakil rakyat di pusat dan daerah.

Tentu saja, seluruh warga negara Indonesia (WNI) harus menggunakan hak pilihnya agar dapat menentukan arah kewarganegaraan Indonesia di masa depan, kata Fairman kepada JurnalPagi di Jakarta, Senin.

Dijelaskannya, kesempatan ini sangat penting dimanfaatkan oleh masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk ikut menentukan nasib Indonesia melalui pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta wakil rakyat.

Selain itu, ia menjelaskan hasil pemilu menghasilkan pemimpin yang merumuskan kebijakan rencana pembangunan jangka menengah dan panjang.

Peneliti senior ini meminta masyarakat luas tidak menyia-nyiakan momentum lima tahun ini untuk berkontribusi membangun landasan dasar, yaitu pemilihan pemimpin untuk pembangunan nasional.

Ia menambahkan, setelah menentukan sikap dalam memilih, masyarakat dapat mengetahui latar belakang calon yang dipilihnya, visi dan misinya, serta memastikan tidak pernah terlibat kasus korupsi yang merugikan negara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023 menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan maju pada pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpress) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 23 November 2012 adalah pasangan Anis Basudan – Mahimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto Gibran Rakaboming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranuvu. Dr Mahfoud nomor urut 3.

KPU juga menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Koresponden: Dhoni Aditra
Diedit oleh: Chandra Hamdani Noor
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *