Pencegahan obesitas dengan “makanan yang sadar”

Jakarta (JurnalPagi) – Ahli gizi dan pembuat konten edukasi kesehatan Putri MG mengatakan obesitas dapat dicegah dengan menerapkan program ini. Makan secara sadar Atau makanlah dengan sadar untuk mengontrol asupan kalori harian Anda.

“Anda bisa menggunakannya untuk mencegah obesitas Makan secara sadar Atau mindful feeding, ternyata bisa membantu diet penurunan berat badan tanpa harus tertekan dengan diet ketat, ujarnya dalam debat obesitas di Jakarta, Senin.

Lulusan Universitas Dipongoro ini mengatakan, makan dengan mindfulness berarti makan tanpa gangguan. Saat makan secara sadar, jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi bisa dikontrol.

“ini penting Saat ini“Nikmati proses makannya tanpa gangguan, nikmati aromanya, rasanya, teksturnya, sehingga bisa lebih menikmati proses makannya, tidak sekedar berlari, makan cepat atau tidak sadar (apa yang dimakan),” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya memahami respon tubuh dengan mengetahui apakah yang dirasakan adalah rasa lapar fisiologis atau hanya rasa lapar emosional saja.

Putri menjelaskan, rasa lapar emosional sering kali muncul saat menonton acara terkait makanan atau mencium aroma makanan yang menggoda.

Kesan makanan dan aroma makanan dapat membuat seseorang ingin makan, padahal tubuh tidak terlalu membutuhkannya.

Makan karena rasa lapar emosional dapat menyebabkan asupan kalori berlebih sehingga menyebabkan lemak tubuh menumpuk.

Putri juga mengatakan, sebaiknya makan sesuai kebutuhan saat tubuh sedang lapar secara fisiologis.

Menurutnya, kebiasaan makan secara sadar sebaiknya diimbangi dengan olahraga teratur 150 hingga 420 menit dalam seminggu atau 30 menit hingga 45 menit sehari jika ingin menurunkan berat badan.

“Obesitas dapat dicegah dengan mengubah pola makan menjadi pola makan seimbang, bergerak dan berolahraga, serta memilih makanan padat nutrisi,” kata Putri.

Hindari Obesitas Sejak Kecil
Tips menghindari kalori ekstra saat puasa

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *