jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

Infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi prioritas kami dalam pembangunan karena jika akses jalan bagus maka pertumbuhan ekonomi masyarakat juga akan lebih baik.

Kapuas Hulu (JurnalPagi) – Ruas jalan Mataso-Ulak Pauk di Kecamatan Embaloh Hulu, kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat akan segera dibangun pada tahun ini.

Ruas jalan Mataso-Ulak Pauk merupakan salah satu dari empat ruas jalan prioritas pemerintah daerah yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total anggaran Rp 89,4 miliar.

“Infrastruktur jalan dan jembatan tetap menjadi prioritas kami dalam pembangunan karena jika akses jalan bagus maka pertumbuhan ekonomi masyarakat juga akan lebih baik,” kata Raja Muda Capuas Hollow Francisco Dian di Potosibao Kapuas Hollow, Kamis.

Fransiscus mengatakan, DAK fisik sebesar Rp 89,4 miliar akan digunakan untuk membantu lima ruas jalan, yakni Jalan Mataso-Ulak Pauk, Kecamatan Embaloh Hulu, Jalan Semangut-Segita (Kelibang), Kecamatan Bunut Hulu, Tepuai-Nanga Taman. Jalan Kecamatan Hulu, Gurung dan Boyan Tanjung, Ruas Jalan Nanga Lady-Krangan Panjang di Kecamatan Hulu Gurung dan Ruas Jalan Pengkadan dan Simpang Senara-Simpang Sukuba di Kecamatan Hulu Gurung dan Jung Kong.

Menurut Fransiskus, sesuai Surat Keputusan Raja Muda Kapuas Hollow Nomor 1158 Tahun 2023, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kapuas Hollow bertanggung jawab atas jalan daerah sepanjang 1.106.148 kilometer yang terdiri dari 146 ruas jalan.

Sedangkan jalan pedesaan memiliki total panjang 878,98 km yang terdiri dari 124 ruas jalan.

Franciscus mengatakan, dari panjang jalan kabupaten, kondisi jalan sekitar 68,08 persen masih baru beraspal atau dalam kondisi stabil, sedangkan untuk jalan pedesaan, tingkat keberlanjutannya baru mencapai 30,21 persen.

“Kapuas Hulu patut mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang banyak bersumber dari anggaran APBN, serta dibantu anggaran Inpres dan hibah dari Pemprov Kalbar,” ujarnya.

Paus Fransiskus berharap masyarakat terus mendukung program pembangunan pemerintah dalam memajukan daerah, apalagi wilayah Kapuas Hulu merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, selain juga berbatasan dengan Kalimantan Timur sebagai pusat wilayah nasional. . . Modal (IKN).

Ia mengatakan: “Kami telah merasakan manfaat dari beberapa program pembangunan, antara lain bandara, gedung sekolah, rumah sakit dan sejumlah program pembangunan lainnya yang juga banyak mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi.”

Kapuas Hulu Buka Akses Jalan ke Kawasan Terisolasi Sibau Hulu-Potan

Kapuas Hollow Fokus Kembangkan Lima Tempat Wisata

Kapuas Hulu Ekspor 6,9 Ton Ikan Lewat Perbatasan Kalimantan Barat dan Malaysia.

Koresponden: Teofilosianto Timotios
Editor: Ahmed Bochuri
Hak Cipta © JurnalPagi 2024