Pemerintah membantu memenuhi kebutuhan alat kesehatan di rumah sakit daerah

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Kesehatan membantu pemenuhan kebutuhan alkes prioritas di rumah sakit daerah dalam upaya memberikan pelayanan pengobatan penyakit katastropik seperti jantung, stroke, ginjal, dan kanker di seluruh kabupaten/kota.

Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan menyalurkan bantuan dana untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan guna mendukung penanganan penyakit katastropik kepada 150 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan 25 Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di 34 provinsi.

Juru bicara Kementerian Kesehatan mengatakan: Pada akhir tahun, ada kredit 3,55 triliun Rial, yang kami gunakan untuk memasok peralatan medis ke rumah sakit di wilayah tersebut. Mohammad Siahril di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, 100% bantuan keuangan pemerintah telah disalurkan untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan di rumah sakit vertikal.

Kementerian Kesehatan secara bertahap berupaya memastikan 50% rumah sakit umum daerah di tingkat kabupaten dan kota memiliki peralatan medis yang lengkap untuk perawatan pasien jantung, stroke, ginjal, dan kanker.

Peralatan medis yang diperlukan untuk merawat pasien jantung dan stroke antara lain ekokardiografi, CT scan, Potong laboratoriumSet ruangan oke, IABP, RotblatorIVUS-FFR, MRI, neuromikroskop, sistem paru-paru jantungdan Oktober.

Sedangkan untuk pengobatan pasien kanker membutuhkan peralatan seperti mamografi, SPECT CT, Flowcytometer, IHK, Bronchoscopy, Brachytherapy, CUSA, LINAC, PET-CT dan CT Simulator.

Selain itu, peralatan medis diperlukan untuk perawatan uro-nefrologi, seperti perangkat endrologi, ESWL, C-Am, USG Doppler, video urodinamik, laser holmium, dialisis peritoneal otomatis, PCNL, URS, dan pengetikan jaringan.

Kementerian Kesehatan telah mendukung 24 provinsi dalam upaya mengembangkan RSUD sebagai jaringan pelayanan rujukan yang meliputi pelayanan penatalaksanaan penyakit jantung di 24 provinsi, pelayanan penatalaksanaan stroke di 13 provinsi, pelayanan penatalaksanaan kanker di 12 provinsi, dan pelayanan urologi nefrologi. di tujuh provinsi

Selain memenuhi kebutuhan alat kesehatan untuk mendukung penanggulangan penyakit katastropik, pemerintah juga akan melengkapi alat kesehatan untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak di puskesmas.

Alat kesehatan yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan kesehatan ibu dan anak antara lain mesin anestesi, patient monitor, ventilator, USG janin, inkubator neonatal, MALDI Tofs, laser ablation, HFOV, mesin nitrous oxide, HFOT dan HFNC.


6886 puskesmas dilengkapi dengan alat USG kehamilan
Kemenperin: Produk alat kesehatan nasional siap masuk pasar dunia

Koresponden: Andy Firdos
Editor: Maritti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *