Pemerintah Kabupaten Situbondo melatih petani untuk memproduksi pupuk organik

Situbondo (JurnalPagi) – Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada kelompok tani setempat guna mengurangi alokasi pupuk urea bersubsidi dari pemerintah pusat.

Mohamed Zaini, Kepala Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) Kabupaten Situbondo di Situbondo, Rabu, mengatakan pelatihan dan penyuluhan pembuatan pupuk organik juga menjadi solusi bagi petani ketika menghadapi kendala pupuk.

Dikatakannya, selain solusi untuk mengurangi alokasi pupuk urea dan NPK adalah dengan subsidi dari pemerintah pusat, dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk organik ini diharapkan petani secara bertahap dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Zini mengatakan, Pelatihan produksi pupuk organik ini dilaksanakan selama tiga hari dengan dihadiri sekitar 180 petani dari sejumlah desa dan kelurahan.

Lanjutnya, mereka diajarkan cara membuat pupuk organik, baik dari kotoran hewan, sisa tanaman, maupun daun kering.

Zini mencontohkan, tentunya dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan ilmu di bidang pembuatan pupuk organik, dan para petani juga mendapat ilmu di bidang pemanfaatan sumber daya hayati dan manfaatnya.

Pada tahun anggaran 2024, di tingkat nasional karena keterbatasan anggaran, alokasi pupuk urea bersubsidi akan berkurang hampir 50%, termasuk pupuk NPK.

Dari 33.221 ton pupuk urea bersubsidi yang diusulkan ke Kementerian Jihad Pertanian melalui rencana e-RDKK, hanya terealisasi 17.552 ton atau 53% dari usulan alokasi pupuk bersubsidi.

Pemkab Situbondo akan terus memberikan pelatihan kepada para petani setempat agar tidak ketergantungan terhadap penggunaan pupuk kimia yang dapat membahayakan lingkungan.

Wali Kota Tangerang Dorong Pengelolaan Sampah Organik dengan Serangga

Pabrik Pupuk Organik Pemkab Jaber Mulai Beroperasi

Koresponden: Novi Husdinariyanto
Editor: Nooral Auliya Badar
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *