jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Perekonomian masyarakat adat wilayah Jayapura memerlukan dukungan dan dorongan dari pemerintah.

Santani (JurnalPagi) – Pemerintah Daerah (PEMCAB) Jayapura, Papua berharap warga menanam lada untuk mencegah inflasi akibat harga lada yang kerap naik di daerah setempat.

Raja Muda Jayapura Trivarno Poornomo saat mendampingi menyampaikan, “Masyarakat wilayah Jayapura hendaknya mencontoh pertanian cabai merah yang dikelola kelompok tani di Desa Ifal.

Pj Gubernur Papua, Mohammad Rizwan Rudalmon, memanen cabai di kebun seluas setengah hektar di kampung Ifale, kabupaten Jayapura.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Sentani, Selasa, Raja Muda Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan, panen cabai merah merupakan contoh lahan tidur yang bisa dijadikan kebun produktif.

Menurut Trivarno, kelompok tani Desa Ifale dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang juga dapat meningkatkan pengelolaan tanaman pekarangan seperti cabai, tomat, dan lain-lain.

Dikatakannya, cabai yang diproduksi kurang lebih sebanyak 1500 kg dan bila lada ini dilepas ke pasaran maka akan mempengaruhi harga jual lada di pasar induk.

Harga Cabai Rawit di Jayapura Naik Jadi 130.000 Toman per Kg.
Babinsa Koramil 1710-07/Mapur Jaya Kembangkan Petani Cabai Merah di Timika

Dijelaskannya, kehadiran Plt Gubernur Papua dalam panen lada menjadi insentif bagi pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan hasil panen kebun.

“OPD teknis harus memberikan dukungan kepada para petani, khususnya masyarakat asli Papua, dalam bentuk bibit dan pupuk sehingga bisa mengubah lahan kosong menjadi lahan produktif,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah memerintahkan Dinas Pertanian dan Peternakan pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana otsus untuk pemberdayaan, salah satunya untuk membantu benih cabai, sayuran, tomat, dan ikan.

Dikatakannya: “Perekonomian masyarakat adat wilayah Jayapura perlu dukungan dan dorongan dari pemerintah agar kesejahteraan mereka terwujud.

Badan Pusat Statistik (BPS) Papua mencatat inflasi sebesar 1,52 persen pada Januari 2024 dan kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 102,30 pada Januari 2023 menjadi 103,85 pada Januari 2024.

Pemprov Papua Dorong ASN Tanam Cabai di Halaman Belakang Rumah
Intensifikasi Penanaman Satu Juta Pohon Cabai di Desa Se Kabupaten Biak
Koramil Biak Timur bantu warga tanam bibit lada

Wartawan : Yodi Effendi
Redaktur: Budi Santoso
Hak Cipta © JurnalPagi 2024