jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pesepakbola berusia 20 tahun Lemine Kamara menjadi pemain utama kemenangan Senegal setelah dua golnya (menit ke-52 dan 86) serta satu gol Pop Goe (menit ke-4) ke gawang juara bertahan Senegal. Kemenangan 3-0 Pantai Gading atas Gambia dalam laga pembuka Grup C Piala Afrika 2024 di Stadion Charles Conan Bani de Yamoussoukro, Senin.

Saat pertandingan dimulai, Senegal langsung melancarkan serangan. Alhasil, pasukan Aliou Cisse langsung unggul terlebih dahulu ketika tembakan Pop Gueye dari kotak penalti pada menit ke-4 memanfaatkan umpan mulus Sadio Mane berhasil membobol gawang Gambia. Senegal memimpin Gambia 1-0.

Tiga menit berselang, Senegal nyaris memperbesar keunggulannya. Namun tembakan Habib Diallo masih jauh dari gawang Gambia. Setelah peluang itu, kedua tim bermain hati-hati dan Gambia semakin kesulitan untuk menyamakan kedudukan ketika pemain mereka Ibo Adams mendapat kartu merah di menit-menit akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Gambia yang bermain dengan 10 orang mendapat peluang pada menit ke-48 melalui tendangan jauh Musa Barrow. Namun tembakan Barrow masih bisa diselamatkan dengan baik oleh Edouard Mendy.

Tiga menit berselang, Senegal menggandakan keunggulannya ketika tusukan Lamine Kamara yang diakhiri tendangan mendatar kencang, berhasil menemukan gol kedua Babukar Gaye. Senegal memimpin 2-0.

Senegal nyaris memperbesar keunggulannya setelah itu. Namun, tembakan Diallo yang memanfaatkan kesalahan umpan bek Gambia di lini pertahanannya, sayangnya masih meleset. Pada menit ke-71, Taranga Lions kembali tak mampu memperbesar keunggulannya saat tembakan pemain pengganti Nicholas Jackson berhasil diselamatkan oleh Gay.

Gol tambahan yang diincar Senegal akhirnya terwujud pada menit ke-86 saat Kamara kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, pemain Prancis FC Metz itu mencetak gol melalui tendangan indah kaki kanan ke pojok kanan atas gawang Gambia memanfaatkan umpan Iliman Ndayeh.

Tidak ada gol tambahan dan sang juara bertahan menyelesaikan leg pertama dengan keunggulan 3-0 melawan Gambia. Kemenangan ini untuk sementara membawa Sadio Mane dan kawan-kawan memuncaki klasemen Grup C dengan 3 poin. Di saat yang sama, kekalahan ini membuat Gambia terpuruk ke dasar klasemen tanpa poin dan tiga gol.

Komposisi kedua tim:

Senegal: Edward Mendy, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Moussa Niakate, Kerpin Diata, Lemina Kamara, Pop Gay, Ismail Jacobs, Ismail Sarr, Habib Diallo, Sadio Mane.

pelatih: Alio Cise

Gambia: Babukar Gay, Saeedi Janko, James Gomez, Omar Koli, Ibo Turai, Analisa Mane, Ibo Adams, Abrima Darboe, Yankoba Minteh, Musa Baro

pelatih: Tom Saint Fit

Klasemen sementara Grup C Piala Afrika 2024 Pantai Gading:








TIDAKNegaraBermainkemenangandinastiHilangPoinTargetditerimaPerbedaan gol
1Senegal11003303
2Guinea00000000
3Cameron00000000
4Gambia1001003-3

Mohamed Salah Selamatkan Mesir, Ghana Kalah dari Tanjung Verde
Nigeria ditahan imbang 1-1 melawan Equatorial Guinea di laga pembuka
Pantai Gading membuka Piala Afrika dengan mengalahkan Guinea-Bissau 2-0.

Koresponden: Zaro Azza Siachenyar
Redaktur: Junidi Soswanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024