jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Peluang timnas Indonesia untuk melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia masih terbuka, meski baru kalah 0-2 melawan timnas Irak. di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6).

Pada laga kelima babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F Asia, Indonesia tampil lebih baik dibandingkan dua laga sebelumnya, kalah dari Irak 5-1 pada laga pembuka di Basra. Pada putaran kedua awal tahun ini, mereka kalah 1-3 pada laga pembuka Asian Nations Cup 2023 di Qatar.

Indonesia yang dipimpin Jordi Amat di lapangan menciptakan situasi berbahaya saat melawan Irak. Namun pengambilan keputusan yang buruk pada akhirnya membuat Garuda mencetak gol tanpa gol.

Eric Tohir Sarankan Hernando: Tak Ada yang Saling Menyalahkan

Sebaliknya, Singa Mesopotamialah yang sempat mencetak dua gol sebelum memanfaatkan dua kesalahan individu pemain Indonesia.

Handball Justin Huebner membuat Irak mendapat penalti dan Ayman Hossein yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menaklukkan kiper tim ini, Hernando Ari, pada menit ke-54.

Kemudian, gol kedua Irak dicetak oleh Ali Jassim, Mr. Goal Piala AFC U23 2024 di Qatar, yang memanfaatkan kesalahan Hernando di kotak penalti pada menit ke-88.

Di sisi lain, rival terberat Indonesia, Vietnam, mengalahkan Filipina 3-2 di Stadion Mae Dinh Hanoi, Kamis.

Laga hampir berakhir imbang 2-2, namun gol telat Pham Tuan Hai pada menit ke-90+5 mengangkat Bintang Emas meraih kemenangan kedua dan memperkecil jarak dengan Indonesia menjadi hanya satu poin di klasemen . jarak sebelumnya

Pelatih Kepala Irak Yakin Indonesia Lolos Kualifikasi Tahap Ketiga

Dengan hasil ini, negara mana yang akan mendampingi Irak ke babak ketiga, pada laga finalnya Indonesia akan menghadapi Filipina pada Selasa (6/11) pukul 19:30 WIB di SUGBK, dan Vietnam akan menghadapi Vietnam di International Stadium menghadapi Irak. Rabu (6/12) pukul 01:00 WIB.

Indonesia harus memenangkan laga melawan Filipina untuk melaju ke babak ketiga tanpa perlu khawatir dengan hasil laga Vietnam melawan Irak.

Dari delapan laga melawan Filipina, Indonesia menjadi yang terbaik dengan empat kemenangan, tiga kali imbang, dan satu kekalahan.

Rekor pertemuan ini setidaknya menjadi penyemangat energi positif bagi Rizky Rideau dan kawan-kawan, meski di sisi lain permainan Filipina juga semakin meningkat belakangan ini.

Sementara itu, Vietnam yang mengharapkan hasil positif di laga terakhirnya, menghadapi rekor kurang menyenangkan melawan Irak, menderita 4 kekalahan dan sekali imbang dalam 5 laga terakhirnya pada Oktober 2015.

Namun, selain menang, Indonesia masih berpeluang melaju ke babak ketiga jika bermain imbang atau bahkan kalah. Bagaimana skenarionya, lihat di bawah.

Skenario Timnas Indonesia melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia:

kemenangan
Jika Indonesia memenangkan laga terakhir babak kedua melawan tim terbawah Filipina, apapun hasil yang ditunjukkan Vietnam pada laga tandang melawan Irak tidak akan mempengaruhi klasemen.

Indonesia akan mendapat 10 poin dan jika Vietnam mendapat tiga poin dari Irak, berapa pun poinnya, Vietnam akan tetap berada di peringkat ketiga dengan 9 poin.

dinasti
Jika Indonesia bermain imbang melawan Filipina, Vietnam harus bermain imbang melawan Irak di laga terakhir. Hasil imbang akan menempatkan Indonesia di peringkat kedua dengan delapan poin, masih tertinggal satu poin dari peringkat ketiga Vietnam dengan tujuh poin.

Keuntungan lainnya adalah Vietnam kalah melawan Irak sehingga meninggalkan Indonesia di peringkat kedua, unggul dua poin dari Bintang Emas.

Hilang
Jika kalah melawan Filipina, Indonesia masih berpeluang lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia, jika Vietnam juga kalah melawan Irak.

Dengan hasil ini, skor kedua tim tidak akan berubah dan Indonesia akan melaju ke babak ketiga dengan tujuh poin.

Sedangkan jika Vietnam bermain imbang melawan Irak, Golden Stars akan melaju ke babak selanjutnya. Pasalnya, Vietnam memiliki selisih gol yang lebih baik, bahkan jika dilihat dari rekor pertandingannya, Indonesia punya rekor hebat melawan negara yang sering dihadapi di Piala AFF babak kedua.

Eric Ungkap STY dan Pemain Perlu Evaluasi Pasca Kekalahan

Tabel peringkat sementara babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 wilayah Grup F Asia:








TIDAKNegaraBermainkemenangandinastiHilangTargetberbungaperbedaan bungaPoin
1Irak55001411315
2Indonesia521268-27
3Orang Vietnam520357-26
4Filipina5014312-91

Koresponden: Zaro Azza Siachenyar
Redaktur: Teguh Handoko
Hak Cipta © JurnalPagi 2024