jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – 121 pegolf dari 9 negara akan berlaga di Mandiri Pondok Indah International Junior Golf Championship 2022 di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, pada 13-15 Desember.

Selain Indonesia sebagai tuan rumah, peserta turnamen edisi ke-9 ini berasal dari Singapura, Malaysia, Thailand, Australia, Korea Selatan, China, Hong Kong, dan India.

Di Jakarta, Senin, ketua panitia penyelenggara, Ronnie Titihiru mengatakan, antusiasme peserta dari berbagai negara sangat tinggi. Pasalnya, turnamen junior internasional paling bergengsi di Indonesia itu sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

“Keberadaan turnamen ini sangat penting karena merupakan lapangan bagi para pegolf muda untuk berlatih berlaga di kancah internasional,” ujar Rooney dalam jumpa pers di Pondok Indah Golf Course, Jakarta.

Dengan diadakannya turnamen-turnamen ini secara rutin, kami berharap golf menjadi olahraga yang semakin diminati dan bisa dilakukan kolam bakat “Golf junior akan semakin populer.”

SHGC dan Komunitas Golf Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sianjur
BNI Gelar Juara BNI Indonesia Masters 2022

Rooney juga mengungkapkan, turnamen-turnamen tersebut rutin diadakan oleh Pondok Indah Golf Club sebagai bentuk kepedulian dan dukungan mereka terhadap pembinaan pegolf junior di Indonesia maupun negara lain.

“Kami berterima kasih kepada Bank Mandiri atas komitmen lainnya untuk mendukung turnamen di tahun 2022. Kami berharap semakin banyak pihak yang bersedia mendukung perkembangan golf usia muda ke depan,” kata Rooney.

Pondok Indah International Junior Golf Championship menampilkan banyak pegolf yang saat ini berprestasi di berbagai kompetisi internasional, baik amatir maupun profesional.

Sebut saja Atahaya Thitikul (Thailand), juara Kejuaraan Golf Junior Internasional Pondok Inda 2017, yang baru-baru ini mencapai posisi teratas dalam peringkat LPGA Tour.

Selain itu, ada juga Princess Mary Superal (Philippines), juara Pondok Inda International Junior Golf Championship 2014, yang menjuarai Women’s Pro Asia Pacific Simon Cup Agustus lalu.

Tahun ini batas usia pemain yang bisa berpartisipasi adalah 11 tahun sampai 19 tahun dikurangi 1 hari. Hanya tiga kelas, A, B dan C yang bertanding.

“Kami fokus pada over-11 karena secara statistik di situlah potensi dan populasi pemain muda paling besar,” tambah Rooney.

Indonesia Golf Masters 2022 menjadi ajang perdana Asian Tour.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) Mardaya Poh memuji Pondok Indah Golf Club yang dengan tulus mendukung perkembangan golf junior dengan menyelenggarakan turnamen tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Pondok Indah Golf Club yang telah menyelenggarakan turnamen ini sehingga pegolf-pegolf muda di Indonesia dan banyak negara lain memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan mereka untuk bertanding,” kata Mardaya.

Dengan semakin banyaknya turnamen internasional, kemampuan pegolf muda akan semakin matang, lanjut Mardaya.

“Saya berharap seluruh peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dan tetap menjaga sportifitasnya sehingga nantinya dapat mengikuti jejak seniornya yang telah meraih kesuksesan di kompetisi yang lebih tinggi,” kata Mardaya.

Dalam kesempatan tersebut, Eri Arciad selaku pengelola Pondok Inda Golf Course mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan lapangan ini dengan baik.

Mardaya menyimpulkan, “Jadi ini akan menjadi tantangan yang kompetitif. Nikmati kompetisinya. Saya harap semua peserta memiliki kesan yang baik saat bermain di Pondok Indah Golf Course.”

Menpora puji inovasi The Range yang memperluas konsep golf rekreasi
Pegolf remaja Thailand menggemparkan dunia usai menjadi pegolf nomor satu dunia

Pengkhotbah: Mohammad Ramadhan
Editor: Bayu Kuncahyo