PDN menjadi “tulang punggung” bagi aplikasi pelayanan publik yang terintegrasi

Jakarta (JurnalPagi) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan kehadiran Pusat Data Nasional (PDN) akan menjadi tulang punggung penggunaan aplikasi layanan publik terintegrasi yang sedang dikembangkan pemerintah.

Aplikasi Pelayanan Publik Terpadu merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai one stop digital access bagi masyarakat umum untuk nantinya mengakses berbagai layanan yang disediakan pemerintah.

“Sehingga nantinya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan publik dengan mudah melalui SSO dan kehadiran PDN akan menjadi infrastruktur utama atau tulang punggung pendukungnya,” kata Plt. Direktur Pelayanan Terapan Informatika Pemerintah Direktorat Jenderal Optik Kementerian Komunikasi dan Informatika Aris Kurniawan di PDN Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa.

PDN IKN dirancang memiliki kapasitas tertinggi dibandingkan PDN lainnya

PDN Cikarang diresmikan pada 17 Agustus 2024 oleh Presiden Joko Widodo.

Aris mengatakan, program pelayanan publik terpadu ini dibuat Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2023 tentang percepatan transformasi digital dan integrasi layanan digital nasional.

Ia mengatakan, aplikasi tersebut dirancang untuk menyatukan seluruh layanan lintas sektoral yang menjadi tanggung jawab pemerintah, mulai dari kesehatan, kependudukan hingga perekonomian.

Pada tahap awal atau pilot project, Aris mengatakan pihaknya berupaya mengintegrasikan layanan pendidikan, kesehatan, kependudukan, dan bantuan sosial.

Dengan hadirnya PDN sebagai wadah pendataan dari berbagai instansi pemerintah, Aris yakin pemanfaatan aplikasi layanan publik terintegrasi dapat terwujud secara maksimal.

“Dengan data yang terkumpul di sini (di PDN), kami bisa mengelola dan memanfaatkannya dengan lebih baik Informasi bagus Dengan teknologi terkini, dan Anda bisa memanfaatkannya keluaranSehingga dapat menjadi masukan yang baik bagi pimpinan untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dan cepat. “Termasuk untuk pengabdian masyarakat,” kata Aris.

Aris memperkirakan aplikasi layanan sosial terintegrasi ini bisa selesai sebelum semester II 2024 dan kemungkinan akan tersedia dalam dua versi, yakni mobile app dan app. Web

Terkait dukungan PDN, saat ini Kemenkominfo telah memiliki format PDN sementara Awan

Sedangkan PDN fisik yang paling dekat realisasinya adalah PDN Cikarang di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang dijadwalkan pada 17 Agustus 2024 oleh Presiden Joko Widodo.

Kementerian Kominfo siapkan infrastruktur khusus PDNS untuk Pilkada 2024

Kementerian Kominfo berkoordinasi dengan DPR soal progres pembangunan PDN

Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *