jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 16, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menaikkan status Pintu Air Pasar Ikan, Panjaringan, Jakarta Utara, menjadi Siaga 1 atau Bahaya setelah tinggi muka air laut mencapai 254 sentimeter (sentimeter) per hari. . Selasa pukul 08:00 WIB.

Sembilan kecamatan di Jakarta Utara yang berpotensi berstatus Waspada 1 atau Bahaya, yakni Kamal Muara, Muara Kapok, Panjaringan, Peluit, Ankol, Kamal, Maronda, Kilinsing, dan Kalibaru.

Menurut kronologi yang dilansir BPBD melalui akun media sosial Twitternya, Selasa, status 1 di pintu air pasar ikan terus meningkat karena permukaan air laut naik 12 cm, dari 200 cm menjadi 212 cm. 04:00 WIB.

Kemudian satu jam kemudian, tinggi air laut naik delapan sentimeter menjadi 215 sentimeter pada pukul 05.00 WIB, 12 sentimeter menjadi 232 sentimeter pada pukul 06.00 WIB, dan 15 sentimeter menjadi 247 sentimeter pada pukul 07.00 WIB. Selama peningkatan ini, status pintu air Pasar Ikan tetap berstatus awas (waspada 2) sejak pukul 04.00 hingga 07.00 WIB.

Cuaca di pintu air Bazar Mahi saat ini cerah, namun kenaikan muka air laut masih terpantau hingga pukul 08:00 WIB mencapai 254 cm.

Pintu Air Mahi Do Bazaar Waspada Karena Ketinggian 215 Cm Dpl

BPBD DKI mengumumkan peningkatan situasi tersebut setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pasang maksimum akan terjadi di kawasan pelabuhan di daratan Jakarta pada pukul 07.00 WIB dengan ketinggian maksimum 1,1 meter.

Perubahan status waspada menjadi bahaya di Pasar Ikan Pintu Air melalui media sosial serta imbauan dari BPBD DKI kepada dinas dan kelurahan setempat untuk meminta warga mengimbau warga Jakarta 112 waspada jika terjadi keadaan darurat. .

Cuaca pelabuhan di daratan Jakarta mungkin berawan pada hari Selasa. BMKG memperkirakan suhu di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara berkisar antara 27-32 derajat Celcius dan kelembaban 65-88 persen dengan tinggi gelombang antara 0,1 hingga 0,5 meter dan angin bertiup dari timur ke tenggara. Ini memiliki kecepatan antara 2 dan 6 knot

Demikian prakiraan cuaca, suhu, kelembaban dan arah angin untuk Pelabuhan Marunda dan Pelabuhan Kalibaro di Kilinsing serta Pelabuhan Sunda Klapa, Pelabuhan Perikanan Laut Nizam Zakhman Muara Baru dan Pelabuhan Kalidam Muara Angke di Penjaringan, Jakarta Utara.

Visibilitas (visibilitas) maksimum untuk semua pelabuhan di daratan Jakarta diperkirakan mencapai sembilan kilometer (km).

Pintu Air Pasar Ikan Siaga Dewa

Sementara itu, perairan Laut Jawa Barat, Teluk Jakarta, dan perairan Kepulauan Seribu diprediksi akan diguyur hujan ringan dengan tinggi gelombang antara 0,5 hingga 1,25 meter.

Kecepatan angin di perairan Laut Jawa bagian barat, perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta bertiup dari tenggara ke selatan antara 4 sampai 10 knot.

BMKG mewaspadai potensi hujan ringan disertai badai petir pada sore hingga malam hari di Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok.

Menurut BMKG, pada sore dan malam hari sebagian wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan juga berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir/petir dan Kepulauan Sribu pada Rabu (12/7/12) dini hari akan diguyur hujan. .

Koresponden: Abdo Faisal
Editor: Seri Moriono