Pasar global “smartphone” menunjukkan tren peningkatan yang stabil, Apple memimpin

Jakarta (JurnalPagi) – Perusahaan analisis pasar teknologi Canalys merilis laporan pasar terbarunya Ponsel pintar secara global pada kuartal keempat tahun 2023 dan mengacu pada pasar secara keseluruhan Ponsel pintar Pasar global menunjukkan tren membaik dengan tingkat pertumbuhan yang semakin stabil.

Laporan ini menunjukkan bahwa pada kuartal keempat tahun 2023, tahun ke tahun Pertumbuhan pasar (YoY) meningkat sebesar 8% dengan pengapalan produk mencapai 319,5 juta unit.

Pertumbuhan ini dianggap sebagai indikator pasar Ponsel pintar Setelah melemah dalam beberapa tahun terakhir, kini mulai tumbuh kembali.

Selama kuartal keempat tahun 2023, Apple diperkirakan akan menjadi pemimpin pasar dengan 24% pengiriman produk secara global.

Riset Counterpoint Tunjukkan Samsung Dominasi Pasar Ponsel di Indonesia

Setelah pesaingnya Samsung dengan pangsa pasar 17%, peringkat ketiga ditempati oleh Xiaomi dengan 13%, Transition dengan 9%, dan Vivo dengan 7% di peringkat keempat.

Saat melihat kinerja pasar smartphone secara keseluruhan pada tahun 2023, Canalys menunjuk pada produsen Ponsel pintar Ini telah mengirimkan 1,14 miliar perangkat ke seluruh dunia.

Dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi sedikit penurunan penjualan perangkat sebesar 4%, namun penurunan ini tidak terlalu signifikan sehingga dapat dikatakan pasar membaik ke arah positif.

Jika melihat persentase pengiriman produk selama tahun 2023, Apple masih memimpin pasar dengan persentase 20% dan pengiriman unit sebanyak 229,2 juta.

Samsung sebenarnya memiliki pangsa yang sama, 20% di pasar global jika dilihat dari persentasenya.

Pasar Ponsel 4G Indonesia Bakal Tumbuh pada Kuartal II 2023

Namun terlihat pengiriman unitnya sedikit berbeda dengan Apple, yakni 225,4 juta pengiriman.

Berikutnya adalah Xiaomi dengan penguasaan 13% pasar global dengan 146,4 juta pengiriman pada tahun 2023, diikuti oleh Oppo dengan 9% dan Transsion dengan 8%.

Sanyam Chaurasia, analis senior Canalys, menawarkan dua rekomendasi bagi para pelaku industri ponsel pintar untuk merangkul pasar pada tahun 2024.

Berinvestasilah pada AI pada perangkat terlebih dahulu atau perluas pengiriman di segmen kelas menengah ke bawah.

Peluang ini sebenarnya dimanfaatkan oleh Samsung dengan meluncurkan smartphone Samsung Galaxy S24 yang dilengkapi Galaxy Artificial Intelligence secara global.

Sementara itu, perusahaan asal China seperti OPPO, Vivo, Xiaomi, dan Transsion sudah mulai meluncurkan ponsel serupa di pasar dalam negeri. Tentu kita sangat menantikan langkah menuju pasar global.

Pengungkapan Strategi POCO untuk Menjadi Merek Berpengaruh di Pasar Ponsel

Penerjemah: Livia Cristianti
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *