Para ahli menganjurkan istirahat yang cukup setelah vaksinasi ulang kedua

Jakarta (JurnalPagi) – Prof Dr Ir Ali Khamsan, pakar kesehatan, MS mengingatkan masyarakat untuk istirahat yang cukup agar efek setelah vaksinasi Covid-19 ini termasuk penguatan atau penguatan. Amplifier Yang kedua tampaknya tidak mengganggu aktivitas.

Beliau mengatakan: “Efek vaksin untuk orang-orang tertentu, jika ada, mungkin mereka harus istirahat yang cukup, agar efeknya tidak terlalu mengganggu aktivitas. Jadi, saya sudah suntik dua kali suntikan booster, tidak ada masalah.” Guru Besar Pangan dan Gizi dari Institut Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) kepada JurnalPagi di Jakarta, Rabu (25/1).

Alasan Vaksin Covid-19 Harus Diberikan Terpisah Satu Bulan dari Imunisasi Lainnya

Bicara soal imunitas, menurut Profesor Ali, kuncinya ada pada beberapa mineral, protein, dan vitamin, termasuk vitamin C yang sering disebut-sebut sebagai peningkat daya tahan tubuh. Mineral yang dikatakan bermanfaat untuk kekebalan antara lain seng, besi dan selenium.

Beliau mengatakan : Oleh karena itu yang harus diperhatikan dalam menjaga imunitas tubuh adalah konsumsi protein, vitamin dan mineral.

Profesor Ali mengatakan bahwa mineral yang baik berasal dari makanan hewani, sedangkan vitamin berasal dari makanan nabati seperti buah dan sayur.

“Intinya kalau kita cukup makan vitamin, buah dan sayur. Orang Indonesia makan buah dan sayur 100 gram, rekomendasi WHO 400 gram itu hanya 25 persen,” ujarnya.

Ia mencatat, bercermin dari hasil survei ini, pada masa pandemi COVID-19, pengeluaran masyarakat untuk sayur dan buah meningkat dibandingkan sebelum COVID-19. Ia melanjutkan, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sadar akan manfaat buah dan sayur bagi kesehatan.

“Tapi ini soal perilaku saja karena bisa dibilang sayur itu murah. Tapi buahnya boleh mahal, tapi buahnya dulu. Kalau pepaya sederhana dan enak semua orang bisa. bisa, tidak sulit mengupasnya.

Profesor Ali menyarankan agar orang makan buah dan sayuran setiap kali makan dan juga makan makanan bergizi seimbang.

Sebelumnya, pemerintah meluncurkan program vaksinasi penguat COVID-19 kedua untuk masyarakat umum di atas 18 tahun pada 24 Januari 2023 di seluruh Indonesia. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi ini guna meningkatkan kewaspadaan terhadap kemunculan subtipe XBB 1.5 atau yang dikenal dengan nama Omicron Kraken.

Tips Kesehatan Saat Mudik dari Pakar Kesehatan

Tips Aman Menggunakan Sertifikat Vaksin

Risa bagikan tips cara aman mendapatkan vaksin Covid-19 untuk ibu hamil

Koresponden: Lia Vanadriani Santosa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *