Para ahli menekankan pentingnya pendidikan untuk menghilangkan mitos infertilitas

Jakarta (JurnalPagi) – Dokter spesialis kesuburan dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Profesor Cipto Mangunkusumo Jakarta Dr. dokter. R. Muharam Natadisastra, Sp.OG, Subsp.FER, MPH menekankan pentingnya pendidikan untuk menghilangkan stigma dan mitos tentang kondisi infertilitas atau infertilitas.

“Stigma dan mitos seringkali disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kondisi kesuburan,” kata Muharram dalam debat kesehatan tentang infertilitas di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, masih banyak masyarakat di pelosok yang mempercayai mitos penggunaan obat herbal tertentu untuk mengatasi masalah kesuburan, karena kurangnya pengetahuan tentang fungsi sistem reproduksi.

Menurutnya, untuk mengatasi kesalahpahaman tentang pengobatan infertilitas, perlu dilaksanakan program pendidikan yang komprehensif dan ekstensif.

Katanya, Masalah kesuburan bisa terjadi karena berbagai sebab, antara lain karena sperma pria, sel telur, endometrium, dan lain-lain. Herbal belum tentu bisa menyembuhkan kemandulan, diperlukan lebih banyak penelitian.

Mengenal Infertilitas pada Pria dan Cara Meminimalisirnya

Moharram mengatakan: Baik perempuan maupun laki-laki bisa mengalami kemandulan, dan setelah dilakukan pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan saluran tuba dan rahim menggunakan histerosalpingografi atau HSG dan pemeriksaan status sperma, kemandulan bisa dialami.

Menurutnya, agar tidak terpengaruh informasi menyesatkan tentang infertilitas, ada baiknya memiliki akses pada sumber informasi terpercaya di bidang tersebut.

“Platform seperti MauPunyaAnak.id yang diluncurkan PERFITRI dan Merck sangat membantu pasangan dengan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya untuk mendukung perjalanan kesuburan mereka, khususnya melalui program bayi tabung,” ujarnya.

Ia berharap para profesional yang bekerja di bidang ini juga dapat menambah pengetahuannya di bidang reproduksi dan mengintensifkan pelatihan yang diperlukan bagi masyarakat di bidang tersebut.

PERFITRI Kembangkan Website Untuk Tingkatkan Pengetahuan Kesuburan
Kemenkes dorong dokter daerah tingkatkan pelayanan infertilitas

Koresponden: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *