Panwaslih Simeulue mengawasi distribusi perbekalan pemilu hingga pulau-pulau terluar

Banda Aceh (JurnalPagi) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslih) Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh memprioritaskan pengawalan dan pemantauan distribusi perbekalan Pilkada 2024 hingga pulau-pulau paling terpencil di wilayah nusantara.

Kapolres Kabupaten Simeulue Mitro Heriansa di Banda Aceh, Jumat, mengatakan terdapat beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di wilayah pulau terluar Kabupaten Simeulue.

Ia mengatakan, “Kami utamakan penyaluran perlengkapan pemilu ke TPS-TPS terluar pulau-pulau. Karena pendistribusian perlengkapan pemilu ke pulau-pulau terluar memerlukan perhatian khusus.”

Mitro mengatakan, terdapat beberapa TPS di pulau terluar, antara lain Pulau Teopa, Distrik Teopa Barat, dan Pulau Siomat di Distrik Simului Timur. Menuju kedua pulau ini dengan menggunakan perahu motor dengan jarak tempuh sekitar dua jam.

Katanya: “Sekitar dua jam berlayar. Itupun dalam kondisi cuaca bagus. Faktor cuaca ini juga harus diperhatikan agar tidak ada kendala dalam pendistribusian materi pemilu. Dan inilah yang menghambat pemungutan suara.” “

Mitro Hariansa mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Simeulue mengenai rencana pendistribusian materi pemilu ke luar negeri.

“Yang menentukan kapan pendistribusian logistik pemilu adalah KIP Simeulue. Pendistribusian logistik kami monitor untuk memastikan seluruh proses pergerakan tidak melanggar prosedur,” kata Mitro Hriansa.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan paling terpencil di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudera Hindia, sekitar 180 mil laut dari pantai barat Pulau Sumatera.

Kabupaten Simeulue telah menjadi bagian dari wilayah Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang berpenduduk sekitar 94.000 jiwa.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) RI, serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten/kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan pada 14 Februari 2024. Pemungutan suara pemilu legislatif akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilu presiden dan wakil presiden Indonesia.

Seluruh TPS di Jakbar Masuk Kategori Paling Rentan
Bawaslu Sumbawa Awasi Distribusi Logistik di Daerah Terisolasi

Koresponden: M. Wakil Harris Agustus
Editor: Tafsir al-Tirmidzi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *