Pantai Gading mengubah tragedi menjadi “akhir yang bahagia”.

JAKARTA (JurnalPagi) – Optimisme dan semangat juang yang tinggi dipadukan dengan skill dan kerja sama tim akhirnya membuat Pantai Gading mengubah hal yang mustahil menjadi mungkin dengan menjuarai Piala Afrika 2023 setelah berhasil mengalahkan tim terberat turnamen tersebut, Nigeria, di babak final. Senin pagi.

Bagaimana tak bisa disebut legenda jika melihat awal perjalanan Phil yang sempat nyaris tersingkir dari kompetisi, namun malah berakhir manis dengan trofi juara.

Mereka kalah 4-0 di babak penyisihan grup dari Equatorial Guinea empat hari kemudian 0-1 ditelan Nigeria Dalam fase yang sama

Seluruh negara di Afrika Barat, yang merupakan rumah bagi sebagian besar bintang sepak bola di benua hitam, sedang merasakan resesi besar. Mereka di ambang, bisakah mereka lolos ke babak sistem gugur?

Beruntung Mozambik secara ajaib memaksa Ghana bermain imbang 2-2, sehingga tiket babak 16 besar dari peringkat ketiga terbaik ditolak oleh Ghana dan malah diberikan kepada tuan rumah Pantai Gading.

Namun sejak itu permainan dan nasib Phil berubah total. Mentalitas dan semangat juang mereka berubah drastis dan membuat mereka berhasil meraih piala kontinental ketiga mereka setelah Piala Afrika 1992 dan Piala Afrika 2015.

Pantai Gading akan menghadapi Nigeria di final Piala Afrika 2023.

Pola pikir tersebut muncul setelah menyuntikkan semangat dan rasa percaya diri yang tinggi kepada Serge Aurier cs, pelatih interim Emerse Fae.

Fae ditunjuk menggantikan pelatih Prancis Jean-Louis Gast tak lama setelah Pantai Gading dikalahkan oleh Guinea Khatulistiwa pada pertandingan terakhir penyisihan grup turnamen yang ditunda karena pandemi Covid-19.

Fae yang dikenal dengan disiplin tinggi semasa bermain, berulang kali menyatakan bahwa tugas utamanya adalah meyakinkan para pemain Pantai Gading yang umumnya unggul, bahwa dengan bakat dan keterampilan yang dimiliki, pemain Pantai Gading itu harus banyak berkembang. turnamen ini. .

Rasa percaya diri dan optimisme yang ditanamkan Fee menular pada anggota tim Phil.

Mereka pun semakin ketat yang membuat skill mereka semakin gemilang dan mematikan untuk melumpuhkan juara bertahan Senegal di babak 16 besar, Mali di perempat final, Kongo di semifinal dan akhirnya membalas dendam kepada Nigeria di papan atas.

Pelatih Kepala Nigeria: Kami Pantas Masuk Final Piala Afrika

Final Piala Afrika: Pantai Gading Menang Usai Kalahkan Nigeria 2-1

Berikutnya: Agen Sebastian Haller

Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *