Panduan cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi jerawat di wajah, manfaat dan efek sampingnya

Jakarta

Gel lidah buaya digunakan dalam banyak produk kulit yang dijual bebas. Ekstrak tumbuhan ini memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi sehingga digunakan untuk membantu mengatasi jerawat.

Lidah buaya telah terbukti bekerja bersamaan dengan obat jerawat tradisional. Sebuah penelitian melaporkan bahwa kombinasi krim tretinoin, obat jerawat yang umum, dan krim lidah buaya secara efektif mengurangi lesi jerawat pada orang dengan jerawat ringan hingga sedang.

Bunda bisa mengoleskan lidah buaya pada lesi jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya. Dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan produk alami lainnya.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten




Panduan cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi jerawat di wajah

Ada beberapa pengobatan rumahan sederhana yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan lidah buaya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lidah buaya murni

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki khasiat khusus yang membuatnya efektif melawan jerawat. Misalnya gel lidah buaya yang bersifat antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi.

Bunda bisa menggunakan krim lidah buaya murni sebagai alternatif pembersih tradisional untuk mencegah timbulnya jerawat. Hal ini berhasil karena agen antibakteri dalam lidah buaya menghilangkan bakteri dari kulit sehingga mengurangi risiko noda.

Untuk mengatasi jerawat yang ada, beberapa orang mengoleskan lidah buaya pada area yang terkena dan membiarkannya semalaman. Penting untuk mencucinya di pagi hari.

2. Jus lidah buaya dan lemon

Asam sitrat dalam buah-buahan seperti lemon juga dapat membantu mengatasi jerawat. Jus lemon murni bersifat asam, jadi mencampurkannya dengan lidah buaya dapat mencegah jus lemon mengiritasi kulit.

Bunda bisa membuat masker wajah dengan mencampurkan lidah buaya dan air perasan lemon dengan perbandingan delapan banding satu lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Penting untuk menghindari area mata yang sensitif dan mencuci masker sepenuhnya setelahnya.

3. Kayu manis, madu dan lidah buaya

Membuat masker wajah dari madu, kayu manis, dan lidah buaya menjadi pilihan lain yang bisa membantu meredakan jerawat. Kayu manis dan madu memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi pada lidah buaya.

Untuk menyiapkan masker wajah dari bahan alami tersebut, Anda hanya perlu mencampurkan sekitar dua sendok makan madu, satu sendok makan lidah buaya, dan seperempat sendok teh kayu manis dalam mangkuk kecil.

Luncurkan dari halaman berita medis hari ini, Campuran ini bisa digunakan pada wajah, lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Semprotan lidah buaya

Menyemprot kulit dengan larutan lidah buaya yang diencerkan dapat membantu menghidrasi kulit tanpa menimbulkan minyak berlebih.

Anda bisa mencampurkan sekitar dua bagian air dengan satu bagian lidah buaya untuk membuat semprotan. Solusinya dapat ditempatkan dalam botol semprot dan disemprotkan pada area yang terkena, hindari area mata.

5. Krim lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan umum dalam banyak krim jerawat yang dijual bebas. Orang bisa mengetahui produk mana yang mengandung lidah buaya dengan melihat bahan aktif yang tertera pada label.

Cara terbaik adalah menggunakan krim yang mengandung lidah buaya sebagai bagian dari rutinitas harian Anda untuk melawan jerawat, karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Bahaya penggunaan lidah buaya

Reaksi alergi terhadap lidah buaya topikal jarang terjadi. Namun, terdapat bukti bahwa meminum lidah buaya dapat membahayakan.

Meski jarang terjadi, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap lidah buaya. Gejala alergi mungkin termasuk kemerahan, ruam, atau bengkak. Jika timbul gejala, hentikan penggunaan lidah buaya. Jika Anda mengkhawatirkan gejalanya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Nah, itulah petunjuk cara memanfaatkan lidah buaya di wajah untuk mengatasi jerawat membandel. Semoga membantu ya, Bu.

Bagi ibu-ibu yang menginginkannya membagikan Pertanyaan Mengasuh anak Dan Anda bisa mendapatkan banyak pemberian hadiahAyo Bergabung Pasukan Komunitas Hybunda. Daftar dan klik Di Sini. Bebas!

(Harapan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *