Panda raksasa Eimei adalah duta persahabatan antara China dan Jepang

Shirahama (JurnalPagi) – Seekor panda raksasa bernama Eimei yang sudah tinggal di Jepang selama 28 tahun ditunjuk sebagai utusan khusus untuk persahabatan antara Jepang dan China.

Keputusan tersebut diumumkan Konsul Jenderal China di Osaka Zhu Jian pada Sabtu (17/12) dalam sebuah upacara di Adventure World, kediaman Eimei, yang merupakan sebuah taman hiburan di Shirahama, Prefektur Wakayama, Jepang.

Eimei, atau Yongming dalam bahasa Mandarin, adalah panda jantan berusia 30 tahun dan panda raksasa tertua yang masih hidup di Jepang.

Eimei tiba di Jepang dari Tiongkok pada tahun 1994. Eimei, ayah dari 16 anak panda raksasa, lahir di Adventure World dan memegang rekor dunia sebagai panda raksasa tertua yang berhasil dibesarkan di penangkaran.

Tahun ini menandai peringatan 50 tahun normalisasi hubungan diplomatik antara China dan Jepang dan kunjungan pertama panda raksasa ke Jepang.

Emi, utusan khusus panda raksasa untuk persahabatan antara Jepang dan China. (JurnalPagi/Xinhua)

Zhou mengatakan bahwa sebagai simbol persahabatan antara China dan Jepang, Aimi memainkan peran unik dalam mempromosikan persahabatan antara kedua negara dan mengembangkan hubungan bilateral.

Shue menambahkan, “Saya harap lebih banyak orang Jepang dapat mengubah kecintaan mereka pada panda menjadi cinta manusia.”

Ia juga berharap Jepang bisa merasa lebih dekat dengan China, rumah panda, melalui persahabatan kedua negara yang diciptakan oleh panda.

Konjen China di Osaka Xue Jian dan Gubernur Prefektur Wakayama Shuhei Kishimoto di Wakayama, Jepang, Sabtu (17/12/2022). (JurnalPagi/Xinhua)

Sementara itu, Gubernur Prefektur Wakayama Shuhei Kishimoto mengatakan berkat kerja sama antara Adventure World dan Giant Panda Research and Breeding Center di Provinsi Sichuan, China, Wakayama dan Sichuan telah menjalin hubungan persahabatan antara kedua wilayah tersebut sejak Januari 2022.

Kishimoto mengatakan Prefektur Wakayama akan terus mengembangkan hubungan persahabatan yang dibangun oleh Eimei, serta meningkatkan pertukaran antara Jepang dan Tiongkok.

Adventure World mengumumkan bahwa Eimei akan kembali ke Chengdu Giant Panda Research and Breeding Center pada Februari 2023 bersama putri kembarnya Ohin dan Tohin. Nantinya, empat panda raksasa akan hidup di dunia petualangan.

Utusan: Xinhua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *