Pameran lentera Shanghai di Cina dan Paris di Perancis

Shanghai (JurnalPagi) – Pameran Lentera di Taman Yuyuan, salah satu Warisan Budaya Tak Benda Nasional Tiongkok, menjadi acara budaya tersendiri di sela perayaan Cap Go Meh di Shanghai, Tiongkok Timur, sejak tahun 1995.

Tema pameran tahun ini adalah sekuel dari “Petualangan Gunung dan Laut” edisi 2023 yang terinspirasi dari sastra kuno “Shan Hai Jing” (Klasik Gunung dan Laut).

  Lentera untuk Festival Naga dan Lentera diterangi selama upacara peluncuran dan tur pratinjau di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, 13 Desember 2023. Festival ini akan dibuka untuk umum mulai 15 Desember 2023 hingga 25 Februari , 2024. (Xinhua/Gao Jing)

  File foto yang diambil pada tahun 2017 ini menunjukkan pameran lentera Taman Yuyuan selama Tahun Ayam Cina di Shanghai, China timur. (Xinhua)

  Lentera difoto di Festival Naga dan Lentera selama tur pratinjaunya di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, 14 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)

  Seorang anak laki-laki melihat lentera yang dipajang di Festival Naga dan Lentera selama tur pratinjaunya di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, 14 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)

Foto dokumenter yang diambil pada tahun 2016 ini menunjukkan Pameran Lentera Taman Yuyuan pada Tahun Monyet Api di Shanghai, Tiongkok timur. Lentera Festival Naga dan Lentera dinyalakan saat acara peluncuran dan tur pratinjau di Jardin d’Acclimatation di Paris, Prancis, pada 13 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)

Tahun 2024 merupakan peringatan 60 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Perancis, serta tahun kebudayaan dan pariwisata antara Tiongkok dan Perancis.

Pameran Lentera Taman Yuyuan juga diadakan di Paris dan memamerkan keindahan lentera Tiongkok dan pesona sastra Tiongkok kuno “Shan Haijing (Klasik Gunung dan Laut)”.

Seorang pria mengunjungi Festival Naga dan Lentera saat acara tur pratinjau di Jardin d’Acclimatation di Paris, Prancis, pada 13 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)

Seorang wanita berpose dengan lentera yang dipajang saat Festival Naga dan Lentera saat acara tur pratinjau di Jardin d’Acclimatation di Paris, Prancis, 14 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)

  Foto yang diambil pada 7 Februari 2024 ini menunjukkan lentera berbentuk naga selama pameran lentera Taman Yuyuan di Shanghai, China timur. (Xinhua/Liu Ying)

  Masyarakat mengunjungi Festival Naga dan Lentera saat tur pratinjaunya di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, pada 13 Desember 2023. Festival ini akan dibuka untuk umum mulai 15 Desember 2023 hingga 25 Februari 2024. (Xinhua /Gao Jing)

Koresponden: Xinhua
Redaktur: Santoso
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *