Pakar Mikrobiyan: Anis kendalikan emosi di debat ketiga

Jakarta (JurnalPagi) – Pakar gestur dan mikroekspresi dari Persatuan Psikologi Forensik Indonesia, Monika Kumalasari, SE, M.Psi.T, menilai ekspresi emosi calon presiden Anis Basudan saat debat ketiga pemilihan presiden (Pilpres) terkendali dengan baik. di Jakarta, Minggu (7/1).

Saat dihubungi JurnalPagi, Senin, ia mengatakan, “Menurut data Drone Emprit, sentimen positif netizen sebesar 77 persen, terbukti dengan pengamatan pengendalian emosi yang sangat baik.

Menurut Monica, Anis, calon presiden nomor urut 1, tetap menjaga emosinya meski ketika calon presiden nomor 2, Prabowo Subianto, bertanya kepadanya tentang etika saat berdiskusi, yang membuat Prabowo geram.

Pakar Gestur: Ganjar kerap menampilkan perasaan ‘terhina’.

Dalam sesi tanya jawab, Anis menanyakan kepada Prabowo mengenai standar etika. Prabowo lantas berdalih Anis tak berhak bicara soal etika karena mantan Gubernur DKI Jakarta itu dinilai tak memberikan contoh yang baik dalam hal etika.

Monica mengatakan, Anis tetap menjawab dengan hati-hati tanpa ada ekspresi wajah yang menunjukkan kemarahan.

“Hanya terlihat Mengangkat bahu secara halus (Mengangkat bahu sedikit) Dan menanggapi ketidaksepakatan dan ketidakjelasan jawaban Prabowo, ia menghela nafas panjang, namun ia tetap menunjukkan ketegasannya melalui penekanan suaranya.

Sebaliknya, menurutnya, masyarakat menikmati cara Anis berbicara, bertanya, dan menjawab. Anis dinilai masih menjaga moralitas dengan mengatakan “Saya tidak tega mengulangi perkataan saya”.

“Itu diambil alih oleh emosi yang meluap-luap takut Monica mengatakan, “(Ketakutan) diproyeksikan sebagai kekhawatiran sehingga pernyataan tersebut dianggap menggugah emosi Prabowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk mengikuti pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, diperkenalkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Raka. 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Setelah debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan calon presiden.

Topik pembahasan ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Beratkah Prabowo Saat Debat Capres? Inilah yang dikatakan pakar pose

Arti Syal Kak Emin, Perasaan Gibran dan Mahfoud MD di Debat Kedua

Pesan Tersembunyi Calon Presiden Lewat Fashion di Debat Ketiga

Koresponden: Lia Vanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *