Pakar Komunikasi: Pers juga memantau suksesi kepemimpinan

Jakarta (JurnalPagi) – Pakar Ilmu Komunikasi Universitas Pajajaran, Prof. Pers akan membantu memastikan suksesi kepemimpinan periode 2024-2029 terlaksana dengan aman, damai dan lancar, ujar Dedi Mulyana, MA, PhD.

“Selama ini media massa baik tertulis maupun elektronik menggunakan clickbait dalam pemberitaan atau politiknya Klik umpan Karena risikonya terlalu tinggi.

Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pajajaran Bandung, Jawa Barat ini juga berpendapat, masyarakat tidak perlu lagi khawatir dalam mengakses informasi pemilu karena akses informasi begitu terbuka berkat media massa.

Menkominfo tegaskan peran sentral pers saat menyambut HUT ke-78 berdirinya PWI.

Dedi juga berpesan kepada pers untuk menghindari tokoh-tokoh yang bermusuhan karena dikhawatirkan dapat menyebarkan kecurangan, ujaran kebencian, bahkan konflik antar pemangku kepentingan pemilu.

Dedi mengatakan, “Insan pers tidak perlu mengatakan hal-hal yang menimbulkan kebingungan. Sebaliknya, yang diharapkan adalah komunikasi media massa berperan dalam menyelesaikan masalah tersebut.”

Dedi juga mengatakan, netralitas dan imparsialitas media massa menjadi hal yang semakin sulit ditemukan saat ini. Untuk mengatasi hal tersebut, ia meminta insan pers mengikuti model dasar yang telah lama diketahui masyarakat, yaitu pers sebagai pilar keempat demokrasi dan perannya dalam demokrasi. anjing penjaga atau penjaga demokrasi yang setia.

Dedi mengatakan insan pers diharapkan, sesuai tema Hari Pers Nasional 2024, “melindungi transisi kepemimpinan bangsa dan integritas bangsa”.

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari, bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang tahun ini berusia 78 tahun. Perayaan Hari Pers Nasional tahun ini bertepatan dengan hari pemungutan suara pemilihan presiden dan legislatif pada 14 Februari.

Ketua Redaksi: Pers Berperan dalam Tumbuhnya Literasi Politik Masyarakat

Pengamat Sambut Baik HPN, Ingatkan Tahun Politik Jangan Bahayakan Jurnalis

Kementerian Komunikasi dan Informatika: Pers berperan dalam menjamin pemilu yang damai dan transisi kepemimpinan.

Koresponden: Abdo Faisal
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *