Pakailah masker dan aktiflah agar tidak mudah sakit selama penularan

Jakarta (JurnalPagi) – Dr dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Melanie Yudiana Iskandar, SpA berbagi tips agar tidak mudah sakit, termasuk disiplin memakai masker agar tetap aktif meski seharian di rumah.

“Apa yang kita pakai di masa pandemi ya harus kita terapkan sekarang juga,” kata Melanie saat dihubungi JurnalPagi, Minggu. Tetap pakai masker.

Untuk bayi, anak kecil yang belum bisa memakai masker sebaiknya tidak dibawa ke tempat umum yang ramai. Jika Anda ingin dibawa keluar, pergi. di luar rumahCari sinar matahari. Juga cari waktu yang tidak ramai, jangan ke mall saat ramai, bawa saja ke sana.”

Lima penyakit penyerta yang ada di musim hujan

Asupan makronutrien juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas, lanjut anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Kata Melanie: Karbohidrat, protein hewani, lemak, tentunya dengan dukungan mineral dan vitamin dari sayur dan buah.

Menurut Melanie, tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin selama makanan sehari-hari mengandung nutrisi seimbang, karena sumber vitamin terbaik berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

Maka bagi anak, kata Melanie, orang tua memiliki peran penting dalam mengenalkan variasi makanan agar anak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkannya.

Selain itu, Melanie mengatakan istirahat yang cukup selama 7 hingga 8 jam juga tidak kalah pentingnya. Kemudian, cobalah untuk tetap aktif meski hanya seharian di rumah.

“Minimal 1-2 jam sehari harus bergerak, mau bergerak apapun itu bagus, TIDAK Pertanyaan. “Kalau matahari bersinar, mau jalan pagi, berenang, main basket, sepak bola, terus.”

“Tapi kalau hujan misalnya cari kegiatan di rumah. Misalnya kalau anak masih kecil, orang tua bisa bermain fun games seperti membuat rintangan menggunakan bantal lalu di bawahnya. Every Nothing, just have fun at home.” Dia melanjutkan.

Sementara itu, dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Dr. Madeleine Ramdhani Jasin, SpA(K) menambahkan menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga penting untuk mencegah penyakit pada musim penularan.

Rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan, misalnya memastikan tidak ada genangan air. Kemudian lengkapi vaksinasi yang sesuai dengan usia anak, aktivitas fisik yang cukup, dan bila ada tanda bahaya segera ke puskesmas. Madeline.

Transien Rentan Penyakit, Kapan Anak Harus Dibawa ke Dokter?

Waspada Penyakit Menular Saat Musim Pancaroba

Cuaca Buruk Mengintai Pergantian Musim

Pembicara: Sochi Nurhaliza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *