Pada usia berapa anak perlu menggunakan produk perawatan kulit secara rutin?

Ada aturan penggunaan tabir surya pada anak-anak Foto: Shutterstock
Kesehatan kulit Anak Ini menjadi masalah penting yang harus diperhatikan orang tua. Bahkan, Anda sebaiknya mengobatinya kulit bayi Sejak kecil, karena di usia tersebut kulitnya masih sangat sensitif terhadap kondisi lingkungan.

Seiring bertambahnya usia, kulit anak membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan rutin. Namun, sebagian orang tua mungkin masih bingung tentang kapan sebaiknya anaknya rutin menggunakan perawatan kulit dan bagaimana cara memulainya.

Lantas, kapan anak membutuhkan perawatan kulit rutin?

Usia anak membutuhkan perawatan kulit yang rutin

Gambar kulit kering anak. Foto: Shutterstock

Moms, pasti anak usia lima tahun ke atas sudah tahu kalau wajahnya kotor, sehingga perlu dibersihkan. Menurut dokter kulit dan pendiri FACET Dermatology, Dr. Geeta Yadav, rentang usia ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak Anda pentingnya menggunakan produk perawatan kulit.

“Mereka juga dapat memahami bahwa jika bibir mereka pecah-pecah atau lutut mereka kering, mereka membutuhkan lip balm dan pelembap untuk mengatasinya,” kata Dr. Gita mengutip dari Scary Mom.

Nah Moms, mengajarkan anak pentingnya perawatan kulit harus menjadi salah satu hal yang paling mendasar. Misalnya, beri tahu anak untuk menggunakan tabir surya secara teratur atau Tabir surya Sehingga kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Selain itu, anak usia 5-6 tahun biasanya aktif dengan kegiatan di luar rumah seperti sekolah.

“Mengajari anak-anak bahwa menggunakan tabir surya adalah kebiasaan sehat yang penting, seperti menyikat gigi, sangat membantu menjaga kesehatan kulit mereka. Ini juga merupakan dasar yang bagus bagi anak-anak untuk memahami pentingnya rutinitas perawatan kulit.” lanjut dr Gita

Gambar kulit kering anak. Foto: Shutterstock

Seiring bertambahnya usia anak, orang tua memperkenalkan tindakan perawatan lain, termasuk menggunakan toner dan krim pelembab untuk wajah dan area tubuh lainnya. Hal ini penting karena anak-anak terutama yang memasuki masa pubertas akan mengalami perubahan hormonal yang seringkali mempengaruhi kondisi kulitnya.

“Perubahan besar antara masa kanak-kanak dan remaja adalah peningkatan hormon, yang kemudian mengubah kualitas dan frekuensi sebum, zat berminyak yang dapat merusak kulit,” kata Dr. Gita

Jadi, saat Anda merasa mereka membutuhkan produk perawatan kulit, jangan ragu untuk memperkenalkannya kepada mereka. Namun yang harus Anda ingat adalah pengasuhan yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak Anda. Tidak perlu memaksa, tapi berikan pendidikan dan contoh nyata agar anak lebih memahami dan mengembangkan rasa ketertarikan terhadap mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *