jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 22, 2024

KUALA LUMPUR (JurnalPagi) – Timnas Indonesia saat ini berada di Malaysia, kandang Brunei Darussalam, akan menjadi lawan kedua Rahmat Irianto dan kawan-kawan di babak kualifikasi Grup A Piala AFF.

Sesuai jadwal, tim besutan Shin Tae-yung itu akan digelar pada Senin (26/12) pukul 18.00 Waktu Malaysia atau 17.00 WIB di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia.

Kemenangan jelas menjadi tujuan timnas Garuda mengingat persaingan yang sangat ketat di Grup A, di mana Thailand saat ini berada di puncak klasemen dengan tiga poin dari satu pertandingan dan Filipina di urutan kedua dengan tiga poin dari satu pertandingan. Dua game

Indonesia di urutan ketiga dengan tiga poin dari satu pertandingan dan Kamboja di urutan ketiga dengan tiga poin dari dua pertandingan. Di posisi bertahan, lawan potensial Timnas Garuda adalah Brunei Darussalam dengan poin nol dari dua pertandingan.

Gol sederhana Brunei Darussalam adalah mencetak gol ke gawang Indonesia

Melihat klasemen, peluang kemenangan timnas Indonesia sebenarnya terbuka lebar mengingat lawan baru menelan dua kekalahan beruntun meski dengan selisih yang besar. Brunei kalah 5-0 dari Thailand dan kalah 5-1 dari Filipina.

Selebrasi gol ke gawang Brunei Darussalam bahkan diumumkan oleh Presiden PSSI Mohamed Iriwan yang berkesempatan mengawal perjalanan timnas Indonesia ke Malaysia.

Meski memiliki peluang mencetak gol, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yung tak mau berpuas diri dan terus mempersiapkan tim terbaik untuk menghadapi tim yang baru saja kembali ke babak knockout Piala AFF tersebut. Setelah 26 tahun

Rotasi pemain telah dikonfirmasi oleh pelatih Korea Selatan karena ia hanya menang 2-1 melawan Kamboja di pertandingan pertamanya dan dikartu kuning oleh pemain internasional Jordi Amat di pertandingan pertamanya. Selain itu, striker murni timnas ini juga belum menunjukkan kepiawaiannya.

Vitan Suleiman dan Iggy Molana Vickery menjadi pemain yang mencetak nama di laga melawan Kamboja. Namun, Mohamed Rafali yang sudah menjadi nama rumah tangga belum bisa berbuat banyak, termasuk pemain internasional Ilija Spasovic.

Saat menghadapi Brunei Darussalam, nama Rachmat Irianto yang tak tampil dalam laga melawan Kamboja tampil mengemuka. Pemain Persib Bandung itu menjadi satu dari 11 pemain utama yang akan dimainkan Shin Tae-Yong.

Sheen Konfirmasi Rotasi Pemain Timnas Indonesia Lawan Brunei

Rachmat Irianto bisa menggantikan Jordi Amat yang sedang dalam performa bagus melawan Kamboja, karena pemain internasional itu sangat dibutuhkan dalam pertandingan timnas di Jakarta, Kamis (26/12) setelah sebelumnya mendapat kartu kuning. Atau bahkan bisa didorong lebih jauh.

Kemenangan tersebut sebenarnya menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia untuk berada di puncak klasemen. Selain itu, dua tim teratas Grup A yang menjadi rival utama kejuaraan sepak bola terbesar di Asia Tenggara, yakni Thailand dan Filipina, akan saling berhadapan di hari yang sama.

Jika Indonesia menang melawan Brunei Darussalam dengan gol yang banyak, Aggie Maulana Vickery bisa mengambil alih posisi pertama Thailand dan memperbesar peluang lolos ke babak selanjutnya. Hanya posisi ini yang bisa berubah tergantung hasil pertandingan antara Thailand dan Filipina.

Tujuan motivasi

Meski Brunei Darussalam sudah kalah dua kali berturut-turut, bukan berarti menyerah begitu saja terhadap Indonesia. Pelatih Mario Rivera dan kapten Hendra Azam telah menunjukkan tekadnya untuk memberikan yang terbaik bagi timnya meski di atas kertas tim lawan lebih unggul secara kualitas.

Gol Brunei Darussalam melawan Filipina akan dijadikan motivasi tersendiri melawan Indonesia. Gol ini dinilai sangat berharga karena menunjukkan kiprah tim yang lolos dari babak play-off ke Piala AFF.

Kapten Timnas Brunei Darussalam mengatakan: “10 gol jelas mempengaruhi mental para pemain, tapi kami terus berkembang. Bagi kami, sebuah gol dapat membantu kami untuk mencetak gol lagi di pertandingan besok (melawan Indonesia).” Tim, Hendra Azam.

Sama dengan pelatih Mario Rivera. Menurutnya, pertandingan melawan Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi timnya yang baru saja kembali. Dia mencoba mempersiapkan tim terbaik untuk itu.

Mengawal Timnas ke Negeri Jiran Hadapi Brunei Darussalam

“Berada di Piala AFF 2022 adalah sebuah pencapaian. Kami harus menggunakan turnamen ini untuk mengembangkan pemain. Saya bangga dengan para pemain kami, tetapi para penggemar harus realistis. Para pemain kami tidak mampu bermain 90 menit dengan intensitas tinggi. ” Dia berkata.

Brunei Darussalam lolos ke Piala AFF dengan mengalahkan Timor Leste dalam laga playoff dengan agregat 6-3. Di game pertama, Hendra Azam dan kawan-kawan menang 6-2 melawan Timor Leste dan kalah 0-1 melawan tim yang sama di game kedua.

Paul Munster yang merupakan mantan pelatih tim Bahayangkara FC Liga 1 Indonesia menjadi sosok yang berperan penting dalam lolosnya tim berjuluk Tabuan tersebut, mengingat dirinya menjabat sebagai direktur teknik timnas Brunei Darussalam.

pendukung dan evaluasi

Meski bermain di negara tetangga Malaysia, Marcelino Ferdinand dan kawan-kawan dipastikan mendapat banyak antusias dari fans. Bayangkan ratusan bahkan ribuan suporter di stadion berkapasitas 15.000 penonton.

Bahkan ada koordinasi antara suporter yang tinggal di Malaysia dan yang datang langsung dari Indonesia. Harapannya, mereka bisa mendukung penuh tim asuhan Shin Tae-yung dalam mengejar tiga poin dari Brunei Darussalam.

Rachmat Irianto, salah satu pemain Timnas Indonesia, mengatakan: “Kehadiran suporter jelas sangat baik bagi kami. Makanya kami akan berusaha memberikan penampilan terbaik.”

Dukungan Suporter Timnas Indonesia di Kuala Lumpur Terkonfirmasi

Keinginan Rahmat Irianto untuk mendapatkan hasil terbaik melawan Brunei bukan tanpa alasan, mengingat banyaknya kekurangan di timnas, apalagi saat Kamboja menang tipis meski banyak peluang.

Padahal, penilaian itu dilontarkan pelatih Shin Tae-yong usai meraih kemenangan tipis di laga pertama. Karenanya, laga melawan Brunei Darussalam bisa menjadi ajang pembuktian hasil penilaian yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Patut ditunggu..

Prediksi susunan pemain pertama:

Indonesia: Mohammad Riandi (S), Yacoub Sayori, Rizki Ridu, Hansamo Yama, Edo Fabriansia; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marcelino Ferdinand; Sedil Ramdani, Ilya Spasovic, Dandi Solistivan.

Brunei: Haimi Niaring (p), Shahme Suhimi, Yura Indra, Rashimi Jeffery, Hendra Azam, Kassiful Azim, Yazid Saeed, Nirokhwan Othman, Najib Tafirif, Razimi Ramli, Hamizan Suleiman.

Tatap muka antara Timnas Indonesia dan Brunei Darussalam

02/12/17: Indonesia – Brunei 4-0
09/26/12: Brunei – Indonesia 5-0
09/08/99: Brunei – Indonesia 0-3
03/12/90: Brunei – Indonesia 0-3
03/04/90: Brunei – Indonesia 1-0

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Indonesia

22/06/12: Indonesia – Yordania 0-1
06/22/15: Indonesia – Nepal 7-0
22/09/24: Indonesia – Curacao 3-2
09/22/27: Indonesia – Curaçao 2-1
22/12/23: Indonesia – Kamboja 2-1

Hasil 5 Laga Terakhir Brunei Darussalam

22/09/27: Brunei – Laos 1-0
05/11/22: Brunei – Timor Leste 6-2
08/11/22: Timor Leste – Brunei 1-0
22/12/20: Brunei – Thailand 5-0
22/12/23: Filipina – Brunei 5-1

Koresponden: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko