jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Robot ini kami perkenalkan sebagai bagian dari edukasi kopi untuk semua orang

Jakarta (JurnalPagi) – Teknologi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk minum kopi, dan OttenMatic, robot barista pertama di Indonesia yang diperkenalkan oleh Otten Coffee pada tahun 2021, adalah salah satunya.

OttenMatic adalah robot barista pribadi yang menawarkan pengalaman ngopi yang berbeda untuk setiap orang. Kami memperkenalkan robot ini sebagai bagian dari pendidikan kopi untuk semua orang yang mengunjungi toko Otten.”

Dikatakannya, kehadiran OttenMatic bukan untuk menggantikan posisi barista, melainkan sebagai salah satu bentuk pengalaman minum kopi yang unik dan edukasi tentang kopi di Indonesia bagi setiap pengunjung yang berkunjung ke kedai tersebut.

OttenMatic menawarkan pelatihan untuk setiap pengunjung. Ketika pengunjung datang untuk mengambil bagian dalam pengalaman tersebut, OttenMatic menyapa mereka dan membuatkan mereka secangkir kopi.

Robot tersebut kemudian berbicara dengan bahasa yang menarik dan menggugah tentang perjalanan kopi yang dihidangkannya.

“OttenMatic adalah cara Otten memberikan kembali kepada masyarakat dengan mengedukasi pecinta kopi tentang proses produksi kopi dari hulu ke hilir,” kata Joni.

“Dari asal biji kopinya, prosesnya memanggangDia menambahkan: Cara menyeduh dan alat yang dibutuhkan.

Saat ini, banyak teknologi terbaru diharapkan dapat mendorong sumber daya manusia menuju sesuatu yang terotomatisasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa jenis teknologi ini juga perlahan diterima oleh masyarakat, meski banyak kekhawatiran akan peran manusia yang semakin marjinal, terutama dalam hal interaksi langsung.

Koresponden: Lia Vanadriani Santosa
Editor: Sorianto