OSIS harus tahu! Produk yang sering diserang di sekolah ini tidak termasuk kosmetik

Jakarta

Netizen ramai menyoroti aksi pengurus OSIS yang menyita produk perawatan kulit siswa salah satu SMA di Kalimantan Tengah. Salah satu barang yang disita adalah tabir surya.

Sejumlah dokter menegaskan penggunaan produk perawatan kulit tidak boleh dilarang karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Misalnya saja tabir surya, produk ini digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pasalnya, paparan keduanya dalam jangka panjang dapat menyebabkan hiperpigmentasi, lesi, dan bahkan kanker kulit yang fatal.

Dokter Spesialis Kulit dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK menjelaskan, “Jenis tabir surya yang digunakan berbeda-beda, kandungannya diatur oleh masalah kulit. Penyitaan yang dilakukan mungkin dianggap kosmetik seperti tabir surya, padahal itu baik untuk kesehatan kulit.” , SubspOBK, FINSDV, FAADV, saat dihubungi detikcom Kamis (25/1/2024).

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Tak hanya tabir surya, produk berikut ini kerap disalahartikan sebagai kosmetik yang sebenarnya untuk perawatan:

1. Mencuci muka

Dr Dharma juga menekankan sabun cuci muka sebagai produk perawatan kulit yang wajib dimiliki. Tujuannya untuk membersihkan kulit dari polusi dan debu di siang hari.

Penggunaan sabun cuci muka secara teratur dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan masalah kulit, mulai dari kulit kusam hingga jerawat.

2. Pelembab

Pelembab yang ada di pasaran tidak kalah pentingnya dengan sabun cuci muka, melainkan untuk kecantikan kulit. Pelindung atau permukaan kulit wajah perlu dirawat agar tidak mudah mengalami proses penuaan.

3. Balsem bibir

Lip balm merupakan salah satu produk yang sering dibawa oleh para pelajar atau remaja. Kegunaannya secara umum sebenarnya untuk melembabkan bibir agar tidak kering dan pecah-pecah sehingga termasuk dalam produk perawatan kulit.

Pada beberapa produk sering ditemukan keterangan “warna” yang fungsinya untuk menambah warna pada bibir. Namun umumnya termasuk dalam perawatan wajah untuk area mulut.

Menonton video”Kosmetik dengan SPF hanya nilai plusnya, Anda tetap perlu memakai tabir surya di wajah
[Gambas:Video 20detik]
(Nef/Kena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *