jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 14, 2024

RIYADH (JurnalPagi) – Organisasi media China dan Arab meluncurkan inisiatif untuk memperdalam kerja sama media bilateral guna mempererat persahabatan Sino-Arab dan partisipasi bersama dalam membangun komunitas Sino-Arab dengan masa depan bersama.

Inisiatif bersama untuk memperdalam pertukaran dan kerja sama media Arab-Cina diluncurkan oleh China Media Group (CMG) dan Arab Broadcasting Union (ASBU) pada Senin (12/5/12) bersamaan dengan hari pembukaan kerja forum. Sino-Arab 2022 diadakan di Riyadh, ibu kota Arab Saudi.

Melalui prakarsa ini, kedua organisasi meminta media Tiongkok dan Arab untuk memperkuat pembelajaran bersama, mematuhi tanggung jawab media, memperdalam pertukaran dan kerja sama, serta berkontribusi pada peningkatan hubungan strategis Tiongkok-Arab ke tingkat yang lebih tinggi. Dalam pidatonya melalui tautan video di forum, Ketua CMG Shen Haixiong mengatakan bahwa CMG akan menggunakan acara tersebut sebagai kesempatan untuk melakukan pertukaran dan komunikasi yang lebih dekat dengan semua sektor komunitas Arab, serta memperkuat kerja sama pragmatis dalam upaya membantu. . Untuk mengembangkan komunitas Tionghoa-Arab dengan masa depan bersama untuk era baru.

Majid bin Abdullah al-Qassabi, Penjabat Menteri Media Arab Saudi, mengatakan dalam pidato videonya di forum bahwa negara-negara Arab melihat China sebagai mitra yang dapat diandalkan untuk mencapai pembangunan bersama di segala bidang.

Ia juga berharap forum ini dapat mendorong pertukaran budaya dan meningkatkan hubungan antara masyarakat China dan negara-negara Arab.

Dalam pidatonya melalui tautan video di forum, Ketua CMG Shen Haixiong mengatakan bahwa CMG akan menggunakan acara tersebut sebagai kesempatan untuk melakukan pertukaran dan komunikasi yang lebih dekat dengan semua sektor komunitas Arab, serta memperkuat kerja sama pragmatis dalam upaya membantu. . Untuk mengembangkan komunitas Tionghoa-Arab dengan masa depan bersama untuk era baru

Dalam forum ini, CMG dan Saudi Broadcasting Authority (SBA) meluncurkan program TV bersama “Heart to Heart and Hand in Hand” yang menceritakan kisah warga Saudi yang tinggal di China, dan warga negara China yang tinggal di Arab Saudi memulai penyiaran China. Film dan acara TV di negara-negara Arab.

Mohammad bin Fahd al-Harthi, Direktur Eksekutif (CEO SBA) mengapresiasi kemajuan yang signifikan dalam perkembangan hubungan Sino-Arab selama beberapa tahun terakhir, dan pada saat yang sama menyatakan harapan bahwa media Arab dan China dapat menggunakan forum ini sebagai sebuah kesempatan. untuk memperkuat pertukaran. . dan bekerja sama untuk bersama-sama membangun masyarakat Tionghoa-Arab dengan masa depan yang sama.

Forum tersebut disponsori bersama oleh CMG dan Kementerian Media Arab Saudi, dan dihadiri oleh lebih dari 150 pejabat pemerintah, perwakilan organisasi media, serta akademisi dari China dan 22 negara Arab.

Utusan: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto