Organisasi Kerja Sama Islam menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza untuk mencegah jatuhnya korban jiwa

Istanbul (JurnalPagi) – Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menyerukan segera diterapkannya gencatan senjata tanpa syarat di Jalur Gaza untuk mencegah lebih banyak korban jiwa di pihak Palestina akibat perang tersebut.

Menteri Penerangan negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam mengecam agresi militer Israel terhadap rakyat Palestina dalam pernyataan yang dikeluarkan pada pertemuan luar biasa organisasi tersebut di Istanbul pada Sabtu (24/2).

Organisasi tersebut juga mengutuk kekejaman, pembunuhan, dan genosida terhadap warga sipil Palestina di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023, serta di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Organisasi Kerja Sama Islam menekankan bahwa satu-satunya langkah yang dapat mencapai perdamaian dan keamanan regional adalah terwujudnya hak asasi manusia Palestina, yaitu kemerdekaan dan kedaulatan dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

“Kami menegaskan kembali tekad kami untuk menyuarakan suara kami di setiap ruang untuk mendukung hak asasi manusia rakyat Palestina yang menghadapi serangan brutal Israel,” kata pernyataan OKI.

Organisasi tersebut juga menegaskan akan memperkuat upaya meringankan penderitaan rakyat Palestina di tanahnya, khususnya masyarakat Jalur Gaza.

Lebih lanjut, OKI mengecam upaya disinformasi yang dilakukan Israel dengan menyebarkan informasi palsu dan menipu untuk menutupi tindakan keji mereka.

Para menteri juga mengecam tindakan tentara Israel yang disengaja dan sistematis dalam merugikan jurnalis Palestina. Menurut OKI, hal ini merupakan bagian dari upaya Israel membungkam kebenaran.

Pernyataan tersebut mencakup kecaman atas tindakan Israel yang menghancurkan sistem telekomunikasi di Jalur Gaza oleh Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan dunia internasional untuk segera menangani kejahatan Israel.

Organisasi Kerjasama Islam juga mengkritik kegagalan tentara Zionis dalam menjamin keselamatan jurnalis sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional.

Selain menegaskan tekad untuk bekerja sama di tingkat internasional untuk mencegah penyebaran informasi palsu, pernyataan tersebut mengungkapkan tekad para menteri untuk menunjukkan kemauan bersama untuk bertindak dalam solidaritas dan persatuan dalam mengungkap serangan tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel terhadap warga sipil Palestina.

Pernyataan Organisasi Kerja Sama Islam menyatakan: “…termasuk terorisme (yang dilakukan) oleh pemukim (Israel) di Tepi Barat Sungai Yordan, yang menyebabkan pengungsian paksa rakyat Palestina.

Selain itu, Unit Pengawasan Media OKI juga akan mengembangkan strategi media bersama badan media OKI dan kantor berita negara-negara anggota sebagai upaya melawan misinformasi Israel di dunia internasional.

Strategi media tersebut disusun berdasarkan amanat konferensi gabungan luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam dan Liga Arab di Riyadh, Arab Saudi, pada 11 November 2023.

Sumber: Anadolu

Menteri Luar Negeri Organisasi Kerjasama Islam mengharapkan dukungan Prancis untuk mengakhiri krisis Gaza
China mendukung resolusi KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam di Gaza
Pemimpin Negara Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam Akan Bertemu Bahas Konflik di Gaza

Penerjemah: Nabil Ehsan
Redaktur: Atman Ahdiat
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *