OJK: Tidak ada tindakan salah yang dilakukan Danacita maupun kampus ITB

JAKARTA (JurnalPagi) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan sejauh ini belum ada pelanggaran yang dilakukan oleh PT Inclusive Financial Group (Danasita) atau Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait penerbitan pinjaman online (Pinjul). Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Frederika Vidyasari Devi, Direktur Eksekutif Pengawasan Jasa Keuangan, Pelatihan dan Pelaku Usaha Perlindungan Konsumen OJK, mengatakan apa yang dilakukan Danacita dan ITB merupakan perjanjian yang sah, artinya berdasarkan nota kesepahaman (MoU) kedua belah pihak.

sampai sekarang Dari informasi yang kami terima masih sesuai, tidak ada yang dilanggar sampai sekarang Hingga saat ini, kami akan terus memantau. Bagaimana ke depannya, karena ini masih baru Agustus 2023, kata Frederica saat media briefing Peraturan OJK Nomor 22 Tahun 2023 di Jakarta, Kamis.

Frederica Ya Kiki pun mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pendalaman dan pemantauan terhadap permasalahan ini. Pasalnya, jika terjadi pelanggaran maka akan menimbulkan dampak sosial dan ekonomi yang serius di bidang pendidikan.

“Tentunya harus kita perhatikan, karena ini jangka pendek ya.PinjulDan anggaran pendidikan harus bersifat jangka panjang. Jadi kita lihat saja, kami akan terus memantau bagaimana perjalanan ini.”

Selain itu, ia juga berpesan agar kejadian di ITB tidak disamakan dengan persoalan mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta yang terjebak utang produk PayLater. Kampus ini menggandeng pelaku usaha jasa keuangan komersial (PUJK) untuk membuka rekening bagi 4.000 mahasiswa baru.

Dari jumlah mahasiswa tersebut, 1200 mahasiswa membuka rekening bank dan 200 mahasiswa terlibat dalam kasus tersebut. Menurut Kiki, hal tersebut tidak dibenarkan. Sebab, produk PayLater saat itu digunakan untuk keperluan konsumen.

Banyak Pengaduan di Sektor Jasa Keuangan, OJK jamin adil

Banyak Pinjam untuk Bayar UKT, Danacita Sebut Sudah Sesuai Aturan OJK

Koresponden: Bayo Saputra
Editor: Nooral Auliya Badar
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *