OJK mendukung penguatan usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat

Perekonomian masyarakat harus kita dukung. Jika kita lihat, perusahaan-perusahaan kecil dan menengah ini mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia. 99% unit usaha di Indonesia adalah UMKM dan rekrutmen tenaga kerjanya juga besar. Ini juga yang saya lakukan

Jakarta (JurnalPagi) – Direktur Eksekutif Pengawasan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen Pelaku Usaha Jasa Keuangan Badan Jasa Keuangan (OJK) Frederika Vidyasari Devi mengatakan OJK akan memperkuat usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk Terus Berkembang bisnis meningkat. Pengetahuan

“Perekonomian masyarakat perlu kita dukung. Kalau kita lihat, usaha kecil dan menengah berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. 99% unit usaha di Indonesia adalah UMKM, dan penyerapan tenaga kerjanya juga besar. yang juga sangat saya kagumi dan dukung, kata Frederica di Jakarta, Selasa.

OJK terus berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui penyelenggaraan kegiatan edukasi secara luas di berbagai daerah, salah satunya di Desa Ngargogundo, Kecamatan Maglang, Jawa Tengah. , berlanjut.

Dikatakannya, dalam mendukung UKM, OJK mengajak industri jasa keuangan untuk memberikan dukungan khususnya dalam pembiayaan UKM di Indonesia, agar UKM di Indonesia bisa maju di kelasnya. OJK juga sering melakukan rekonsiliasi perdagangan.

Dikatakannya, “OJK banyak menyelenggarakan business match yang artinya kita mempertemukan pelaku UMKM dalam jumlah besar dan menjodohkannya dengan bank serta industri jasa keuangan yang bisa memberikan pinjaman.

OJK juga memberikan pendampingan yang diperlukan kepada UMKM agar usahanya bisa maju di kelasnya.

Frederica menghimbau masyarakat penerima pinjaman atau hibah dari industri jasa keuangan untuk mencatat pencatatan keuangannya melalui SLIK OJK agar lebih mudah mendapatkan kembali fasilitas pinjaman dari lembaga jasa keuangan terkemuka di kemudian hari.

Kegiatan edukasi tersebut dilaksanakan di Desa Nagargogundo dengan dihadiri oleh warga Desa Nagargogundo yang sebagian besar merupakan petani, pelaku usaha kecil dan menengah, penggiat industri pariwisata, kelompok usaha Hazara, anggota OPD dan masyarakat umum lainnya.

Peserta juga akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan mengenai kesadaran akan pinjaman online ilegal, pentingnya perencanaan keuangan, Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit mikro, dan konten asuransi agribisnis beras (AUTP).

OJK memberdayakan pelaku UMKM dengan meningkatkan literasi keuangan

OJK: Perempuan Lebih Banyak Penerimaan Dana Dibanding Laki-laki di UKM

OJK membuka peluang untuk mencabut penangguhan kredit khusus sektor manufaktur – UMKM.

Koresponden : Marta Herlinavati Simanjuntak
Editor: Ahmed Bochuri
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *