jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Pelatih kepala timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto mengaku belum puas dengan hasil seleksi timnas putaran pertama yang berakhir pada Rabu.

Seleksi tahap pertama yang terbagi dalam tiga gelombang ini digelar dengan melibatkan 98 pemain yang diawasi langsung oleh Nova mulai 18 Februari.

Dari ketiga gelombang tersebut, Nova mengaku kurang puas dengan pemain yang dipilih karena masih kekurangan basic fisik.

Akhirnya seleksi tahap pertama bisa kita selesaikan dari gelombang satu, dua, dan tiga. Kita bisa melihat potensi mereka dan mendapatkan beberapa pemain, kata Nava seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu.

Lanjutnya, “Secara fisik kami melakukan tes VO2 Max, terlihat kondisi fisik pemain masih lemah, jadi saya lihat mereka bermain 25 x 25 menit, banyak yang mengalami kram otot.”

“Analisis kami, mereka bisa memutuskan kapan ingin berlari, berjalan, atau berlari. Kalau ingin masuk tim U-16, mereka harus bermain dengan filosofi saya. Saya butuh pemain yang fit. Saya melihat itu adalah markas mereka. Kondisi fisik masih bagus dan jauh dari yang diharapkan.”

Tujuan Pelatih Kepala Nova Arianto adalah sukses di Piala Asia U-17 tahun depan

Nova mengatakan akan terus mencari lebih banyak pemain di bawah asuhannya di turnamen Elite Pro Academy (EPA) untuk lolos ke babak 8 besar.

“Tetapi kami masih mencari pemain dari turnamen Pro Elite Academy untuk lolos ke delapan besar,” tambahnya.

Selain itu, Nova menyebut akan kembali menggelar babak kualifikasi pada akhir Maret atau setelah selesainya agenda match day FIFA terdekat.

Rangkaian seleksi ini merupakan bagian dari persiapan tim jelang kualifikasi Piala AFF U-16 dan Piala Asia U-17.

Nova Arianto Gunakan Beberapa Gaya Kepelatihan Shin Tae-yung
Seleksi Timnas U-16 Indonesia Masuk Gelombang Ketiga

Koresponden: Zaro Azza Siachenyar
Redaktur: Eka Arifa Rosqiati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024