Nova Arianto menggunakan sejumlah gaya kepelatihan Shin Tae-yung

JAKARTA (JurnalPagi) – Pelatih kepala timnas U-16 Nova Arianto menggunakan beberapa gaya kepelatihan Shin Tae-yung dalam melatih pemainnya.

Timnas U-16 sedang menjalani proses seleksi untuk mengikuti Piala AFF U-16 dan lolos ke Piala AFC U-17. Terdapat tiga gelombang seleksi dengan masing-masing gelombang berisi 32 pemain.

Pada sesi latihan yang digelar pada Senin di Training Ground A Kompleks Glora Bong Karno, Senayan, Jakarta, para pemain peserta latihan mengenakan kaus kaki dengan warna berbeda di kedua kakinya.

“Iya tentu saja, karena saya sudah lama bersama Coach Shane, memang benar mereka membedakan kaos kakinya, jadi saya bisa tahu apakah kaki dominannya kanan atau kiri,” kata Nova.

“Ya tentu ada beberapa filosofi yang saya bawa juga, termasuk dari pelatih Indra (Sajferi), karena saya sudah bersama pelatih Indra sejak 2019, terakhir dengan pelatih Shane, jadi dua. kemajuan Inilah yang saya masukkan ke dalam tim ini. Semoga apa yang diberikan oleh Coach Shane dan Coach Indra kepada saya dapat diterapkan di sini, tambahnya.

Selain pemilihan pemain, salah satu tanggung jawab lain yang ingin ditanamkan Nova adalah gaya permainan yang mirip dengan Shin Tae-jung, yakni menggerakkan bola ke depan. Nova menerapkan ini beberapa kali saat memimpin tutorial.

Ya harapannya rata-rata mereka main di SSB (sekolah sepak bola), di akademi. Jadi saya kira saya lihat mereka masih memainkan gaya sepak bolanya di SSB atau di akademi. Kata mantan bek Persib Bandung: Tapi saya ingin mengenalkan mereka pada cara bermain sepak bola seperti sekarang, seperti yang saya inginkan, seperti ini.

Pendekatan lain yang diterapkan Nova kepada pemain muda asuhannya adalah kedisiplinan. Menurut Nova, penting untuk menegakkan kedisiplinan para pemain, termasuk membatasi penggunaan telepon seluler.

“Salah satunya adalah kami mengumpulkan ponsel setiap malam pukul 10.30 dan saya tekankan pada mereka tentang kedisiplinan. Karena ada beberapa pemain yang datang terlambat untuk makan siang, menurut saya itu kurang bagus. Karena kalau tidak disiplin maka kerja keras. “Dan saya jamin kalau dia melakukannya lagi, kami akan memulangkannya,” tegasnya.

Indra Sejafari menunjuk Nova Arianto sebagai Pelatih Kepala Timnas U-16 Indonesia.

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Ervan Sohairondi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *