Nokia dan Vivo menyetujui kesepakatan lisensi paten 5G

Jakarta (JurnalPagi) – Perusahaan teknologi global Nokia telah menyetujui kesepakatan lisensi paten 5G multi-tahun dengan pembuat ponsel pintar China Vivo, yang akan mulai berlaku pada kuartal pertama tahun 2024.

Perjanjian tersebut mengakhiri litigasi atas sengketa paten yang tertunda antara kedua perusahaan, lapor ET Telecom pada Senin waktu setempat.

Sesuai kesepakatan para pihak, ketentuan rinci perjanjian tetap dirahasiakan. Namun, Nokia mengungkapkan inti perjanjian tersebut adalah Vivo akan membayar royalti kepada Nokia, termasuk pembayaran selama proses litigasi.

Nokia Hadirkan Inovasi Kecerdasan Buatan yang Akan Mengubah Jaringan Melalui Suara

Setelah Apple, Samsung, Oppo, Honor dan Huawei, Vivo menjadi produsen smartphone besar keenam yang menandatangani perjanjian lisensi paten dengan Nokia dalam 13 bulan terakhir.

“Kami senang dapat mencapai kesepakatan dengan Vivo yang menunjukkan rasa saling menghormati hak kekayaan intelektual masing-masing,” kata Jenny Lokander, presiden Nokia Technologies.

General Manager Departemen Hukum Komunikasi Seluler Vivo, Xiannon Zhou, juga mengumumkan hal serupa.

Nokia identifikasi tren teknologi tujuh tahun ke depan

Menurutnya, perjanjian ini menunjukkan pengakuan dan penghormatan terhadap nilai paten teknologi sel.

“Hal ini juga memainkan peran penting dalam menciptakan perkembangan lingkungan yang positif di industri,” kata Xianwen.

Terlihat jelas bahwa perusahaan teknologi Nokia kini mendekati tahap akhir dari siklus perpanjangan lisensi ponsel pintar dan menunjukkan perkembangan positif di sektor otomotif, barang elektronik, dan bisnis. Internet untuk segala (IoT) dan multimedia.

Angka penjualan tahunan Nokia Technologies diperkirakan mencapai €1,4 miliar hingga €1,5 miliar (Rs 23,7 triliun hingga 25,3 triliun) dalam jangka menengah.

Nokia dan Red Hat Tawarkan Aplikasi “Nokia Core Network”.

Penerjemah: Farhan Arda Nograha
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *