jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

JAKARTA (JurnalPagi) – Nigeria melaju ke final Piala Afrika 2023 usai meraih kemenangan dramatis 4-2 adu penalti atas Afrika Selatan di Estadio de la Pleix, Kamis pagi WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 dalam perpanjangan waktu.

Nigeria mencetak gol terlebih dahulu melalui penalti Williams Troost-Ekong sebelum Teboho Mokoena menyamakan kedudukan pada menit ke-90.

Nigeria tampil menekan di babak pertama. Namun lini depan yang dipimpin Victor Oshiman gagal membongkar ketatnya pertahanan Afrika Selatan. Hingga turun minum, hasilnya masih belum membuahkan gol.

Memasuki babak kedua, Afrika Selatan tampil bermain lebih tenang dan sabar berusaha menguasai bola.

Redouan Jayed, wasit pertandingan, juga mengemukakan satu hal. Kapten Nigeria dan mantan pemain Watford William Troost-Ekong menjalankan tugasnya sebagai tuan rumah. Arah tendangan penalti Ekong sebenarnya sudah diprediksi oleh Ronon Williams, kiper asal Afrika Selatan. Namun, bola masih masuk ke gawang. Hasilnya 1-0.

Tim Bafana Bafana yang tertinggal tak tinggal diam. Pelatih Hugo Brewers langsung menginstruksikan para pemain Afrika Selatan untuk meningkatkan intensitas permainan.

Oshiman mencetak gol usai sukses menerima umpan pendek Ola Aina dari sisi kanan. Namun gol tersebut ditolak karena ada pelanggaran dalam proses penilaian. Sayangnya, pelanggaran tersebut terjadi di area penalti Nigeria.

Kali ini giliran wasit yang menunjuk ke Afrika Selatan. Toboh Mokoena maju dan melakukan tugasnya dengan sempurna untuk menjadikan skor 1-1.

Langkah tersebut membuat kondisi balapan menjadi panas. Kedua, tim langsung berani bermain lebih terbuka.

Namun, kedua tim tak mampu memecah kebuntuan hingga peluit panjang berbunyi. Skor 1-1 membuat laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Intensitas permainan kedua tim selama 90 menit juga mempengaruhi daya tahan pemainnya. Pada menit ke-115, Afrika Selatan seharusnya bermain dengan 10 orang ketika Kikana diusir wasit karena melakukan pelanggaran terhadap Term Medfi dari belakang saat menyerang.
partikel untuk benda langsung

Meski unggul jumlah pemain, Nigeria masih belum mampu mencetak gol tambahan. Hasil akhir pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti.

Dalam adu penalti, Stanley Nwabali dan Kalechi Iheanacho menjadi pahlawan yang membawa Nigeria ke putaran final Piala Afrika 2023.

Redaktur: Junidi Soswanto
Hak Cipta © JurnalPagi 2024