Nigeria dan Republik Demokratik Kongo melaju ke semifinal Piala Afrika 2023.

JAKARTA (JurnalPagi) – Nigeria lolos ke semifinal Piala Afrika 2023 usai mengalahkan Angola 1-0 pada laga perempat final di Stadion Felix Houphouet Bueni, Abidjan, Sabtu pagi WIB.

Pada laga babak perempat final lainnya, Republik Demokratik Kongo juga lolos ke semifinal setelah mengalahkan Guinea 3-1 di Abimp Olympic Stadium.

Nigeria vs Angola

Satu-satunya gol Nigeria dalam kemenangan melawan Angola dicetak pada menit ke-41 oleh Ademola Lukeman. Pemain Atalanta itu sukses menyarangkan bola hasil umpan Moses Simon.

Di babak kedua, Nigeria mencetak gol lewat sundulan Victor Osiman. Namun, hal itu dibatalkan oleh VAR karena penyerang Napoli itu awalnya diketahui berada dalam posisi offside.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta. Nigeria berhak melaju ke babak semifinal menghadapi pemenang Cape Verde dan Afrika Selatan.

DR Kongo – Guinea

Timnas DR Kongo memastikan kemenangan meyakinkan atas Guinea 3-1 di Stadion Olympique di Alassane, Ouattara, dan melaju ke babak perempat final.

Melawan timnas Guinea, timnas Republik Demokratik Kongo tertinggal lebih dulu.

Guinea mendapat peluang emas pada menit ke-20 melalui tendangan penalti. Mohammad Bayou yang berperan sebagai presenter berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun RD Kongo langsung membalas melalui gol Chancel Mbamba pada menit ke-27.

Yoane Wissa kemudian membuat DR Kongo unggul 2-1 melalui penalti pada menit ke-65.

RD Kongo menambah keunggulannya menjadi 3-1 pada menit ke-82. Arthur Maswako mencetak gol tendangan bebas yang membuat timnya semakin kesulitan menghadapi Guinea

RD Kongo berhasil menjaga skor hingga akhir pertandingan. DR Kongo akan menghadapi pemenang Mali dan Pantai Gading di semifinal.

Hasil babak perempat final Piala Afrika 2023 menurut laporan Konfederasi Sepak Bola Afrika adalah sebagai berikut:

Nigeria 1-0 Angola
(Ademola Luqman 41′)

Editor: Alviansia Pesaribo
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *