New York terpilih sebagai tuan rumah final Piala Dunia 2026

Jakarta (JurnalPagi) – Panitia Penyelenggara FIFA mengumumkan pada Minggu (4/2) waktu setempat atau Senin pagi WIB bahwa final Piala Dunia 2026 akan digelar di Stadion MetLife New York/New Jersey.

Tawaran New York untuk menjadi tuan rumah putaran final Festival Sepak Bola Dunia pada 19 Juli, yang akan diadakan di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, menghadapi tantangan berat dari Dallas.

Kompetisi dimulai dengan pertandingan pembuka di Stadion Azteca di Mexico City pada 11 Juni.

Menurut AFP, Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan: “Piala Dunia paling inklusif dan berpengaruh bukan lagi mimpi, melainkan kenyataan yang akan digelar dalam bentuk 104 pertandingan di 16 stadion luar biasa di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. “

Dari pertandingan pembukaan di Estadio Azteca yang ikonik hingga final spektakuler di New York, New Jersey, para pemain dan penggemar telah menjadi inti dari rencana ekstensif kami untuk turnamen yang mengubah permainan… yang tidak hanya akan mencetak rekor baru, tetapi juga turnamen juga.. Warisan yang unik. ditolak.”

Atlanta dan Dallas akan menjadi tuan rumah semifinal, sedangkan perebutan tempat ketiga akan dimainkan di Miami.

Perempat final akan dimainkan di Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston.

Sebanyak 16 kota di tiga negara akan menjadi tuan rumah mayoritas balapan di Amerika Serikat.

Piala Dunia 1994 juga diadakan di Amerika Serikat dan finalnya diadakan di Rose Bowl di Pasadena, dekat Los Angeles.

Pada Piala Dunia 1994, pertandingan yang digelar di New York digelar di Giants Stadium, yang kemudian dibongkar untuk dijadikan Stadion MetLife yang dibuka pada 2010.

Keputusan tersebut diumumkan melalui siaran langsung televisi di Amerika Utara dengan Infantino tampil bersama komedian dan aktor Kevin Hart, penyanyi Drake, dan selebriti Kim Kardashian.

Stadion MetLife berkapasitas 82.500 kursi, di seberang Sungai Hudson dari New York di East Rutherford, New Jersey. Stadion ini adalah rumah bagi tim sepak bola Amerika New York Giants dan New York Jets, namun telah menjadi tuan rumah beberapa pertandingan sepak bola internasional, termasuk Final Piala Amerika 2016.

New York telah melakukan lobi keras untuk menjadi tuan rumah final untuk menambah pengalaman kota itu dalam menjadi tuan rumah acara-acara besar internasional sekaligus memperkuat posisinya sebagai kota dunia dengan transportasi yang mudah bagi penonton.

Dallas juga berharap Stadion AT&T di Arlington, Texas, mendapat manfaatnya. Stadion ini sendiri menjadi tuan rumah tim sepak bola Amerika Dallas Cowboys.

Ada sejumlah kompensasi untuk Dallas dengan sembilan pertandingan yang dialokasikan ke kota mereka. Ini merupakan jumlah pertandingan terbanyak untuk satu kota.

Los Angeles juga berusaha menjadi tuan rumah pertandingan perdana, namun terhambat oleh permintaan FIFA untuk melakukan sejumlah perubahan pada Stadion SoFi.

FIFA mengumumkan jadwal Piala Dunia 2026 pada 4 Februarisuku Aztec yang bersejarah

Azteca akan menjadi stadion pertama yang menjadi tuan rumah tiga turnamen Piala Dunia di tiga era berbeda sejak tahun 1970 dan 1986. Stadion ini pernah menjadi tempat berlangsungnya final turnamen tahun 1970 dan 1986.

Piala Dunia 2026 akan digelar bersamaan dengan perayaan 250 tahun kemerdekaan Amerika.

Pertandingan babak 16 besar akan dimainkan pada 4 Juli, Hari Kemerdekaan, di Philadelphia, tempat Deklarasi Kemerdekaan AS ditandatangani. Amerika Serikat akan memulai babak penyisihan grup turnamen di SoFi Stadium di Los Angeles pada 12 Juni dan juga akan bermain di Seattle.

Toronto terpilih sebagai tuan rumah pertandingan pertama timnas Kanada. Wamcover adalah kota Kanada lainnya yang akan menjadi tuan rumah tim nasional Kanada.

Memperluas turnamen dari 32 tim menjadi 48 tim akan menambah jumlah turnamen sebanyak 24 tim. Dengan demikian, total 104 pertandingan akan digelar di 16 tempat.

Turnamen ini menggunakan format 12 grup yang mencakup empat tim. Dua tim teratas setiap grup serta delapan tim teratas di peringkat ketiga akan lolos ke tahap penyisihan. Dari sana, kompetisi akan dimainkan di babak sistem gugur dengan para finalis memainkan total delapan pertandingan. Nomor ini memiliki satu kecocokan lebih banyak dibandingkan format versi sebelumnya.

16 kota tuan rumah Piala Dunia 2026 adalah: Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area, Seattle, Toronto . , dan Vancouver.

Federasi Sepak Bola Peru memecat Pelatih Kepala Timnas, Juan Reynoso
Messi Belum Tutup Pintu ke Piala Dunia 2026

Koresponden: Rauf Ender Adipati
Redaktur: Eka Arifa Rosqiati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *