Nelayan menemukan migran Rohingya di kawasan Pulau Rondo Aceh

Pengungsi Rohingya itu ditemukan oleh nelayan di selatan Pulau Rondo, sekitar tiga mil dari Pulau Rondo.

Banda Aceh (JurnalPagi) – Lembaga Panglima Laot Aceh mengumumkan bahwa nelayan Aceh sedang memantau pergerakan kapal yang diduga sebagai migran Rohingya di perairan Pulau Rondo Sabang, Aceh.

Sekretaris Panglima Laut Aceh Miftach Tut Adek di Banda Aceh, Sabtu mengatakan, berdasarkan informasi awal yang diterima Panglima Laut, yakni Saiful Bahri, para nelayan menemukan para migran Rohingya tersebut.

“Pengungsi Rohingya itu ditemukan nelayan di selatan Pulau Rondo yang berjarak sekitar tiga mil dari Pulau Rondo,” kata Miftach.

Miftach mengatakan, keberadaan para migran Rohingya ini sebenarnya sudah terpantau oleh para nelayan Aceh selama beberapa waktu. Namun saat itu mereka masih berada di wilayah perbatasan.

Miftach berkata: Yang pasti mereka telah melihat nelayan kami (pendatang Rohingya) beberapa hari ini, tetapi mereka masih berada di garis perbatasan.

IOM pastikan bantuan kemanusiaan terus berlanjut untuk pengungsi Rohingya di Aceh

Kemenlu: 1.155 Pengungsi Rohingya Kunjungi Aceh dalam Tiga Tahun

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi I DPRA Iskandar Othman Al-Farlaki. Dia membenarkan, para migran Rohingya itu dalam pengawasan di kawasan Pulau Rondo, sejauh ini sudah terlihat tiga kapal.

“Ya (tiga kapal), posisi ini tiga mil dari Pulau Rondo,” katanya.

Iskander belum bisa memastikan lebih jauh keberadaan mereka, apakah mendarat atau ada tindakan lain. Sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Saya koordinasi dengan Danlanal Sabang,” ujarnya.

Iskandar menambahkan, dalam rapat koordinasi dua hari lalu dengan unsur pemerintah pusat, keamanan dan Komisariat Tinggi PBB untuk Pengungsi, pihaknya mendapat informasi ada sekitar 16 kapal yang bergerak dari pengungsian di Bangladesh kemudian di lepas pantai. . Andaman dan Samudera Hindia. .

“Kemarin ada tiga kapal lagi yang mendarat di luar, Aceh Besar dan Pidiye. Jadi kami perkirakan masih ada 10 kapal Rohingya lagi di kawasan Andaman dan Samudera Hindia,” kata Iskandar.

UNHCR Belum Bisa Pastikan Tujuan Akhir Pengungsi Rohingya di Aceh

Polda: 185 Migran Rohingya Mendarat di Pantai Pidi

Koresponden: Rahmat Fajri
Editor: AgusSalim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *