jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juli 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Penelitian yang dilakukan sekelompok peneliti asal Inggris yang tergabung dalam Protect menunjukkan bahwa bernyanyi atau memainkan alat musik memiliki manfaat, yakni dapat meningkatkan kemampuan memori di hari tua.

Musik diketahui memiliki banyak manfaat seperti mengurangi stres dan kecemasan, mengatur tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan mood.

Hasil penelitian Protect yang dimuat dalam International Journal of Geriatric Psychiatry menunjukkan bahwa bernyanyi dan bermain musik, khususnya piano, dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak seseorang.

Hasil penelitian yang dikutip Medical Daily menulis pada Kamis: “Menjaga otak tetap aktif sepanjang hidup dikaitkan dengan peningkatan kemampuan kognitif, sehingga mengurangi risiko gangguan kognitif di usia tua. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan adanya hubungan potensial antara musik dan pengetahuan.”

Menyanyi dan Memainkan Alat Musik Meningkatkan Fungsi Otak

Mendengarkan Musik Dapat Menjaga Kesehatan Otak

Dalam melakukan penelitian ini, tim peneliti mengamati lebih dari seribu orang dewasa berusia di atas 40 tahun untuk menyelidiki manfaat memainkan alat musik dan bernyanyi terhadap kesehatan otak.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa manfaat bernyanyi untuk kesehatan otak juga bisa disebabkan oleh faktor sosial, misalnya menjadi bagian dari paduan suara atau grup bernyanyi.

Profesor sekaligus peneliti demensia dari University of Exeter, Anne Corbett, menjelaskan aktivitas musik dapat menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan dan fleksibilitas otak yang dikenal dengan istilah cadangan kognitif.

“Temuan kami menunjukkan bahwa meningkatkan pendidikan musik merupakan bagian penting dari inisiatif kesehatan masyarakat untuk mempromosikan gaya hidup sehat otak serta mendorong orang lanjut usia untuk kembali ke musik,” katanya.

Menurutnya, melakukan aktivitas musik berkelompok dapat memberikan manfaat bagi kesehatan otak penderita demensia

“Pendekatan ini dapat dipromosikan sebagai bagian dari gaya hidup sehat bagi lansia agar mereka dapat secara aktif mengurangi risiko sekaligus meningkatkan kesehatan otak,” tambah Anne.

Musik di Otak Kita

Penerjemah: Farhan Arda Nograha
Diedit oleh: Zita Mirina
Hak Cipta © JurnalPagi 2024