MPR mendesak para pemudik untuk mengikuti aturan keselamatan perjalanan

Jakarta (JurnalPagi) – Wakil Ketua MPR RI Lestari Maradijat mengimbau para pemudik menaati aturan berkendara guna menekan angka kecelakaan dan menciptakan liburan yang nyaman sebagai sarana mempererat persahabatan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Berbagai upaya untuk menjamin arus repatriasi yang aman dan lancar harus diperhatikan. Selain keselamatan bersama, arus repatriasi yang aman dan lancar berpotensi mendorong pertumbuhan perekonomian nasional,” kata Lestari dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) memperkirakan peredaran uang pada bulan puasa dan libur Idul Fitri 2024 akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2024, bahkan mencapai Rp 157,3 triliun.

Sementara itu, data Humas Polri se-Tanah Air menunjukkan, selama masa mudik hingga Minggu (4/7), terjadi 213 kecelakaan lalu lintas dengan rincian 23 orang meninggal dunia, 39 orang luka berat, dan 267 orang luka ringan.

Dalam catatan tersebut, Lester meminta semua pihak tetap menaati sejumlah aturan yang diberlakukan pemerintah, termasuk aparat kepolisian yang mengatur arus mudik dan pulang pada libur lebaran 2024.

Wanita yang akrab disapa Rerie ini mengaku, mengatur jutaan orang yang berpindah-pindah dalam waktu bersamaan bukanlah hal yang mudah. Namun, hanya dengan kerja sama yang baik antar kementerian dan lembaga, aparat keamanan, dan masyarakat, arus mudik yang aman dan lancar dapat terwujud.

Menurut dia, tanpa kerja sama yang baik dari semua pihak, hambatan di sana-sini hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan dan penundaan. Hal ini dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental serta membahayakan penumpang selama perjalanan.

Pada akhirnya, kata dia, perjalanan yang aman dan nyaman sepanjang arus mudik dapat terwujud pada tahun ini, sehingga pergerakan jutaan masyarakat Indonesia pada libur lebaran 2024 juga menjadi bagian dari penggerak pertumbuhan perekonomian nasional.

Menhub pastikan kelancaran arus mudik di empat moda transportasi
Polri kembali menegakkan rekayasa lalu lintas di Japak dan Sipali

Koresponden: Narda Margaretta Sinambala
Editor : D.Dj. Clevantoro
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *