MKMK dan hakim konstitusi memperkuat koordinasi fungsi dan tugas

Jakarta (JurnalPagi) – Dewan Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) dan Hakim Konstitusi Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar rapat terbatas pada Selasa (3/5) untuk memperkuat tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Berdasarkan laman resmi MK di Jakarta, Rabu, rapat digelar di Ruang Rapat Gedung MK 1. Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua MKMK I Dewa Gede Palguna, Anggota MKMK Yuliandri, dan Hakim Konstitusi Ridwan Mansyr.

Ketua MKMK I Dewa Gede Palguna mengatakan, “Pertemuan ini digagas antara Hakim Konstitusi dan MKMK untuk memperkuat tugas dan tanggung jawab masing-masing baik MKMK maupun Hakim Konstitusi.”

Ia mengatakan, MKMK yang bertugas menjaga kode etik dan menjaga kesucian hakim konstitusi merasa perlu bertukar pikiran dan pandangan menjelang masa jabatan utama hakim konstitusi yang semakin dekat pada tahun 2024.

Selain itu, hakim juga bersiap mendengarkan perkara perselisihan Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif (PHPU) Bersama tahun 2024.

“Sebagaimana MKMK dalam tugasnya menjaga dan melindungi kehormatan dan kode etik hakim, maka MKMK perlu mengkoordinasikan tugas tersebut. Selanjutnya hakim konstitusi akan dihadapkan pada sidang perkara PHPU pada tahun 2024 mendatang, ujarnya.

Selain memperkuat tugas dan tanggung jawabnya, para hakim konstitusi saling menyampaikan pandangan terkait sejak terbentuknya MKMK hingga masa kerja tetap Majelis dan kehadiran Sekretariat MKMK di Mahkamah Konstitusi.

Seluruh hakim konstitusi sangat optimis dengan hadirnya MKMK karena dapat menjadi langkah preventif bagi hakim untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga konstitusi dan demokrasi.

Diketahui, MKMK tetap beranggotakan tiga orang yang terdiri dari hakim konstitusi, tokoh masyarakat, dan akademisi berlatar belakang hukum.

Anggotanya adalah Hakim Konstitusi Ridwan Mansour mewakili hakim konstitusi aktif, I Dewa Gede Palguna mewakili tokoh masyarakat, dan Yuliandri akademisi Universitas Andalucia mewakili akademisi berlatar belakang hukum.

Masa jabatan mereka adalah satu tahun terhitung sejak 8 Januari 2023 sampai dengan 31 Desember 2024 dengan kewenangan tercantum dalam Pasal 3 PMK/1/2023.

Koresponden: Nadia Putri Rahmani
Editor: Tafsir al-Tirmidzi
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *