Mitra jejaring sosial Twitter, Threads, diluncurkan pada 6 Juli

Jakarta (JurnalPagi) – Platform media sosial Threads besutan Meta, melalui anak usahanya Instagram, yang dirumorkan menjadi pesaing Twitter, rencananya akan dirilis pada 6 Juli di iOS App Store untuk wilayah AS.

Tech Crunch melaporkan Selasa bahwa peluncuran Threads bertepatan dengan kesalahan teknis di Twitter yang menyebabkan platform media sosial milik Elon Musk membatasi jumlah tweet yang dapat dibaca pengguna.

Sementara itu, sejumlah platform media sosial seperti Spill, Bluesky, dan Post telah mengalami pertumbuhan signifikan memanfaatkan gangguan Twitter baru-baru ini.

Namun, Threads memiliki keunggulan dibandingkan media sosial lainnya yaitu dapat mendatangkan followers dan akun yang diikuti dari pengguna Instagram sehingga pengguna Threads tidak perlu membangun komunitasnya dari awal di platform tersebut.

Meta Build Counter Untuk Twitter, Aplikasi Akan Dirilis Dalam Waktu Dekat

Di deskripsi App Store, tertulis Threads adalah forum untuk berdiskusi tentang apa saja, mulai dari yang sedang hangat dibicarakan hingga tren yang akan datang.

Utas juga memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pencipta favorit mereka dan orang-orang dengan minat yang sama, dan dapat membuat forum untuk berbagi ide, pendapat, dan kreativitas dengan masyarakat umum.

Meskipun Threads terhubung ke Instagram, media sosial akan hadir sebagai aplikasi yang berdiri sendiri.

Utas memiliki sejumlah fitur yang biasa ditemukan di platform media sosial lain seperti suka, berbagi ulang, berkomentar, dan membagikan kiriman.

Facebook Merancang Aplikasi Utas Baru Untuk Instagram

Namun, Threads menawarkan opsi untuk memilih siapa yang dapat membalas unggahan pengguna, dari semua akun, akun yang diikuti pengguna, hingga akun yang disebutkan dalam unggahan.

Sebelumnya, Meta telah menyediakan beberapa platform media sosial seperti tbh youth app, media sosial mahasiswa kampus, layanan kencan online Sparked, dll. Sayangnya, platform tersebut tidak dapat bersaing dengan media sosial saingannya.

Namun, Threads berpotensi menjadi hit di pasar karena kedatangannya bertepatan dengan kesalahan teknis baru-baru ini yang dihadapi Twitter.

Instagram Resmi Luncurkan Aplikasi Thread Terpisah

Penerjemah: Farhan Arda Nograha
Editor: Siti Zulikha