jurnalpagi.com

Berita Online Terlengkap Indonesia

Juni 25, 2024

Jakarta (JurnalPagi) – Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Marine Drugs menunjukkan, kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan dapat membantu mengurangi peradangan umum pada tubuh.

Brooke Jaffee, MD, dokter kulit dan pendiri Btwn Skincare mengatakan, omega-3 pada minyak ikan dapat membantu mengatasi jerawat dengan mengurangi peradangan pada kulit.

Dia berkata: Karena minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi, minyak ikan dapat mengobati jerawat dengan mengurangi peradangan kulit. Pop Suger Kamis.

“Mereka bekerja untuk menstabilkan testosteron dan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1), yang keduanya cenderung meningkatkan produksi minyak… sebuah langkah kunci dalam pembentukan jerawat,” jelasnya.

Mereka yang memiliki jerawat inflamasi (jerawat merah, bengkak, nyeri) dan jerawat komedonal (jerawat kecil berwarna seperti daging) bisa mendapatkan manfaat terbaik dari minyak ikan, kata Dr. Jaffee.

Menurutnya, efek penggunaan minyak ikan bisa terlihat dalam waktu dua hingga tiga bulan, tergantung jenis dan tingkat keparahan jerawat.

Mengenal Penyebab Jerawat dan Cara Mengobatinya
Rekomendasi Perawatan Kulit Jerawat Oleh Dokter Kulit

Namun, menurut studi Healthline, reaksi individu terhadap suplemen minyak ikan berbeda-beda.

Minyak ikan dapat membantu mengatasi masalah jerawat pada sebagian orang, namun dapat memperparah jerawat pada orang lain.

Dr Jaffee juga mengatakan bahwa mengonsumsi minyak ikan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan risiko pendarahan seperti mimisan dan gusi berdarah pada orang tertentu.

Selain itu, menurutnya konsumsi minyak ikan dapat menimbulkan reaksi seperti sakit kepala, mengi, dan gatal-gatal pada orang yang alergi ikan atau kerang.

Masalah Hormonal Penyebab Jerawat di Usia Dewasa

BRIN Membuat Obat Jerawat dari Kulit Mangrove dan Ekstrak Cangkang Udang

Penerjemah: Fitrah Asy’ari
Redaktur: Meriati
Hak Cipta © JurnalPagi 2024