Microsoft menghapus WordPad di Windows 11 Insider Build terbaru

Jakarta (JurnalPagi) – Microsoft memutuskan untuk menghapus aplikasi teks WordPad yang telah menjadi aplikasi ikoniknya selama hampir tiga dekade di Windows 11 Insider Build terbaru dengan nomor seri 26020.

Windows 11 Insider Build merupakan program yang khusus diperuntukkan bagi para pengembang aplikasi di sistem operasi Windows, dalam hal ini Windows 11. Ada pembaruan OS rutin untuk pengembang dan kemudian pembaruan ini dirilis ke publik setelah dianggap stabil.

Dalam pembaruan terkini, Microsoft mengumumkan rencananya untuk menghapus WordPad sepenuhnya dari sistem operasi Windows 11 pada pembaruan mendatang.

Aplikasi Paint menghadirkan tampilan mode gelap ke Windows 11

Microsoft berkata: “Mulai rilis ini, aplikasi WordPad dan People tidak lagi diinstal setelah menginstal sistem operasi. Di versi mendatang, WordPad akan dihapus selama pemutakhiran. WordPad tidak dapat diinstal ulang. WordPad adalah fitur Windows yang tidak digunakan lagi.” Gizmo China, Minggu, melaporkan sebuah pernyataan.

Sebenarnya penghapusan WordPad bukanlah hal yang mengherankan karena hingga saat ini posisinya berada di tengah-tengah NotePad yang merupakan pengolah kata utama dan berbagai program pengolah kata. Perkembangan Seperti Microsoft Word.

Belum lagi aplikasi pengolah kata lain yang semakin banyak tersedia secara online.

Meski merupakan layanan gratis yang tidak memerlukan Internet untuk mengakses Internet, namun posisi WordPad masih kurang menguntungkan karena aplikasinya tidak menerima pembaruan apa pun saat aplikasi lain sedang dikembangkan.

Microsoft menghapus WordPad dari Windows setelah 30 tahun

Hal ini berbeda dengan nasib NotePad yang mengalami pembaruan lebih lanjut seperti pengaturan aksesibilitas untuk kontrol suara, kemampuan untuk menjeda dan melanjutkan pencetakan.

Namun mengingat program tersebut telah menjadi bagian dari Microsoft selama hampir 30 tahun, penghapusan WordPad merupakan kabar yang sangat menyedihkan.

Namun, meski sudah mengucapkan selamat tinggal pada WordPad, masih ada beberapa hal positif di Windows 11 Insider Build terbaru.

Ini termasuk fitur notifikasi ketika perangkat memasuki mode hemat daya, fitur bagi pengguna untuk memberikan deskripsi perangkat yang lebih jelas, dan peningkatan akses suara di pengaturan.

Microsoft Siapkan Banyak Update, Windows 12 Meluncur 2024?

Penerjemah: Livia Cristianti
Redaktur : Siti Zulikha
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *