Menteri Komunikasi dan Informatika: Indonesia dan Timor Leste sepakat untuk memajukan sektor komunikasi dan informasi

JAKARTA (JurnalPagi) – Indonesia dan Timor Leste sepakat untuk mendorong sektor komunikasi dan informatika (kominfo) kedua negara, kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bodi Ari dengan Menteri Komunikasi dan Transportasi Timor Leste, Miguel Marquez Gonçalves Mantello di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1). Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari menjelaskan ruang lingkup kerja sama dengan Timor Leste meliputi bidang komunikasi radio, jasa telekomunikasi, aplikasi informasi, serta jasa pos dan kurir.

Lanjutnya, bentuk kerja sama nota kesepahaman di bidang komunikasi radio akan mengarah pada koordinasi dan pengawasan kedua negara terhadap spektrum frekuensi radio di wilayah perbatasan. Selain pertukaran data dan informasi stasiun radio di wilayah perbatasan dan sistem pengelolaan spektrum radio, kata Budi Ari, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Presiden Jokowi Kunjungi Perdana Menteri Timor Leste di Istana Bogor

Menurut Budi Ari, Indonesia mendukung promosi dan pengembangan kerja sama teknologi 5G serta memfasilitasi pengembangan infrastruktur telekomunikasi. Selain itu, kedua negara berupaya meningkatkan pengembangan jaringan komunikasi, termasuk menjembatani kesenjangan digital dan sistem manajemen bencana.

Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan: “Tentu saja pekerjaan ini akan dilaksanakan oleh operator telekomunikasi, termasuk sektor swasta, dengan rencana investasi di Timor-Leste.”

Indonesia dan Timor Leste juga sepakat untuk bertukar informasi dan bekerja sama dalam tata kelola Internet serta memperkuat kerja sama Pacaran bisnis baru Untuk lebih mengembangkan ekosistem ekonomi digital.

Menurutnya, kedua negara juga bekerja sama untuk mempromosikan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan, big data, dan Internet of Things.

Di bidang jasa pos dan kurir, Indonesia dan Timor-Leste menyepakati kerja sama filateli dan penerbitan prangko, pengembangan layanan remitansi, dan pertukaran kiriman pos di wilayah perbatasan.

Bodi Ari mengatakan, Berdasarkan nota kesepahaman ini, kedua negara juga bertukar informasi mengenai kebijakan dan peraturan terkait radio, telekomunikasi, program informasi, serta jasa pos dan kurir.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor-Leste Zanana Gusmao.

Menkominfo ajak masyarakat lakukan kampanye cerdas dukung pemilu damai

Kominfo Fasilitasi Pemuda Sebagai Talenta Digital

Kominfo Segera Luncurkan IKNpedia Untuk Berbagi Informasi IKN Terkini

Koresponden: Fetor Rochman
Editor: Natisha Andarningtias
Hak Cipta © JurnalPagi 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *